Agar Tempurung Kura-kura Bersih dan Bebas Lumut

Kura-kura merupakan binatang yang sangat unik. Keunikan kura-kura ini terletak di tempurung yang dimilikinya. Tidak ada binatang lain yang mempunyai tempurung selain kura-kura. Hanya kura-kura yang memiliki tempurung. Kura-kura memanfaatkan tempurung ini sebagai tempat untuk berlindung dari para predator. Maklum saja tempurung kura-kura memiliki struktur yang sangat keras. Kura-kura bakal aman saat berada di dalam tempurungnya.

Bagi para penghobi, tempurung kura-kura merupakan sesuatu yang menarik. Tak hanya keras, tempurung tersebut juga mempunyai warna yang membentuk motif tertentu. Uniknya adalah setiap spesies kura-kura memiliki tempurung dengan warna dan corak yang berbeda-beda. Di dalam animasi kartun kura-kura sering ditampilkan dengan warna hijau. Namun kenyataannya tempurung kura-kura juga ada yang berwarna hitam, putih, cokelat, kuning, jingga, dan merah.

Tempurung adalah bagian yang paling menarik dari kura-kura. Kualitas seekor kura-kura sangat dipengaruhi oleh tempurung yang dimilikinya. Walaupun jenisnya sama, tetapi harga seekor kura-kura bisa menjadi mahal sekali apabila tempurungnya mempunyai penampilan yang unik, berbeda, dan lain daripada biasanya. Jadi Anda harus merawat dengan baik tempurung kura-kura tersebut. Bersihkanlah setiap hari agar bebas dari lumut dan jamur.

Agar tempurung kura-kura peliharaan Anda senantiasa bersih dan bebas lumut, Anda dapat merawatnya menggunakan kiat-kiat di bawah ini!

Mandikan Kura-kura Setiap Hari

Sama seperti memelihara binatang yang lainnya, saat memelihara kura-kura pun Anda perlu menjaga kebersihannya. Kura-kura harus senantiasa dibersihkan agar bebas dari kotoran, lumut, dan jamur. Bagaimana caranya? Anda perlu memandikan kura-kura ini secara rutin. Disarankan memandikan kura-kura ini setiap hari, atau setidaknya 3 hari sekali. Gosoklah bagian tempurungnya menggunakan sikat gigi sampai bersih. Anda juga boleh menggunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Setelah itu, bilaslah kura-kura tersebut.

Rendamlah di Air yang Hangat

Kura-kura juga sebaiknya direndam di air hangat secara rutin, khususnya kura-kura yang masih berukuran bayi. Kehangatan dari air tersebut akan membuat kura-kura merasa nyaman. Pakailah air dengan suhu hangat-hangat kuku untuk keperluan perendaman kura-kura ini. Khusus untuk merendam kura-kura darat, Anda dapat menuangkan air hingga sebatas tempurung bagian bawah (plastron). Tidak hanya membuat tempurungnya bersih, rutin merendam kura-kura di air hangat juga akan membuat sistem pencernaannya lancar.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Pekerjaan lainnya yang harus Anda lakukan dalam merawat kura-kura yaitu menjemurnya secara rutin di bawah sinar matahari. Perlu Anda ketahui, sinar matahari mempunyai manfaat yang bagus bagi kura-kura. Sinar alami ini dapat mendukung terbentuknya vitamin D di dalam tubuh kura-kura yang dapat mendukung pertumbuhannya. Jadi usahakan Anda menjemur kura-kura setiap hari. Waktu yang paling tepat yaitu pagi hari sebelum jam 9. Jemurlah kura-kura selama 20-30 menit saja.

Bersihkan Kandang Kura-kura

Kondisi lingkungan tempat tinggal kura-kura juga akan mempengaruhi pertumbuhannya. Agar kura-kura Anda dapat tumbuh secara optimal dan tubuhnya pun selalu bersih, Anda juga harus menjaga keadaan kandangnya. Bagaimana pun kura-kura yang tinggal di dalam kandang yang bersih pasti akan terhindar dari serangan bibit penyakit dan jamur, kan? Oleh karena itu, Anda pun perlu membersihkan kandang kura-kura paling tidak setiap seminggu sekali. Gunakan pula cairan desinfektan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di sana.