Apa Ciri-ciri Kura-kura yang Sedang Stres?

Kura-kura merupakan reptil yang mempunyai tempurung di badannya sebagai pelindung. Ada berbagai jenis kura-kura di dunia ini dengan habitat yang berbeda-beda. Karakteristik kura-kura juga tidak sama. Ada kura-kura yang sifatnya ganas, jinak, dan pemalu. Sebagai penghobi, Anda harus mengenali sifati kura-kura peliharaan Anda. Hal ini bertujuan untuk menjaga mood kura-kura tersebut sehingga tidak mudah mengalami stres.

Stres termasuk salah satu penyebab utama kura-kura mati secara mendadak. Kura-kura yang mengalami stres berkepanjangan akan menjadi sakit dan akhirnya mati. Kasus stres ini dapat menimpa semua jenis kura-kura. Stres pada kura-kura biasanya disebabkan gagalnya kura-kura tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kasus ini juga bisa ditimbulkan oleh kondisi lingkungan yang tidak sesuai dengan habitat alami kura-kura.

Anda harus segera mengambil tindakan apabila menemukan kura-kura yang sedang stres. Berikut ini ciri-ciri selengkapnya!

  1. Kura-kura Menjadi Pendiam

Memang ada jenis kura-kura yang memiliki sifat alami pendiam seperti kura-kura piput dan kura-kura ambon. Jika Anda memiliki kura-kura yang sebelumnya tampak lincah, tapi kemudian berubah menjadi pendiam, maka besar kemungkinannya bila kura-kura tersebut sedang mengalami stres. Kondisi ini umumnya terjadi karena dia sedang sakit. Anda harus menemukan apa penyakitnya dan mengobatinya.

  1. Nafsu Makannya Menurun

Tanda-tanda umum kura-kura yang tengah stres selanjutnya ialah kura-kura tersebut tidak nafsu makan. Setelah Anda memberikan makan ke kura-kura dan mengeceknya kembali ternyata makanannya tidak berkurang sama sekali. Bahkan makanan favorit yang Anda berikan pun tidak disentuhnya. Ini merupakan kondisi yang gawat. Anda bisa mencoba merendam kura-kura di air hangat secara rutin sebagai terapi.

  1. Kura-kura Merasa Ketakutan

Seharusnya kura-kura yang sudah dipelihara cukup lama akan menjadi akrab dengan pemiliknya. Saat Anda mengelus kepala dan tempurungnya, kura-kura tadi merasa nyaman. Namun apabila kura-kura tiba-tiba merasa ketakutan terhadap Anda, maka kemungkinan besar dia sedang stres. Kura-kura yang stres pun akan merasa takut dengan kura-kura lainnya. Anda harus memindahkannya ke kandang yang sepi.

  1. Gerakannya Tidak Biasa

Kondisi kesehatan kura-kura juga bisa dipantau melalui gerakannya. Kura-kura yang sehat memiliki gerakan yang mantap dan teratur. Kura-kura tersebut bergerak dengan tenaga yang penuh. Sedangkan jika kura-kura mengalami stres, gerakannya tampak lemah sekali. Kadang-kadang kura-kura ini juga akan melakukan gerakan aneh yang tak umum dilakukannya. Anda bisa merendamnya di air hangat agar dia merasa rileks.

  1. Kura-kura Hanya Tidur Saja

Ciri-ciri terakhir dari kura-kura yang tengah mengidap stres yaitu kura-kura tersebut tampak tidur saja. Sepanjang hari, kura-kura ini hanya diam di satu titik kandang. Dia hanya berdiam diri seolah-olah mengisyaratkan kalau dirinya sedang bingung mau melakukan apa. Masalah ini lebih banyak menimpa kura-kura darat. Solusinya yaitu Anda bisa menaikkan suhu udara di dalam kandang sesuai dengan kebutuhan kura-kura.