Apakah Kura-kura dan Ikan Bisa Hidup Bersama?

Sepertinya akuarium atau kolam tempat pemeliharaan kura-kura akan nampak lebih atraktif jika tidak diisi cuma dengan kura-kura saja. Kolam dan akuarium tersebut sepertinya bakal lebih menarik apabila diisi pula dengan ikan. Pemandangan kura-kura yang berenang bersama ikan pasti akan menciptakan daya tarik yang luar biasa. Ikan-ikan tersebut akan berenang kian kemari sambil mengelilingi kura-kura yang bergerak pelan.

Akuarium Anda pasti bakal semakin menarik dengan pemandangan alami dari kura-kura dan ikan yang berenang bersama-sama. Tapi apakah kura-kura dapat dipelihara bersama dengan ikan hias? Jawabannya adalah tidak bisa. Kura-kura apapun jenisnya tidak boleh menempati akuarium yang sama dengan ikan. Mengapa? Sebab ikan merupakan makanan alami bagi kura-kura. Cepat atau lambat ikan peliharaan Anda pasti akan dimakan kura-kura.

Kura-kura memang merupakan binatang omnivora. Apalagi untuk kelompok kura-kura air dan kura-kura semi-aquatic yang cenderung mempunyai sifat sebagai karnivora. Kura-kura ini lebih suka mengonsumsi daging-dagingan, termasuk salah satunya yaitu ikan. Di habitat alaminya, ikan adalah makanan pokok kura-kura. Kura-kura mencari ikan ini di sungai, danau, sawah, parit, atau rawa-rawa. Berkat kemampuan renangnya, dia mampu menangkap ikan.

Impian untuk memiliki sebuah akuarium yang dihuni oleh kura-kura dan ikan memang sebuah ide yang sangat bagus. Akuarium Anda nampak unik dan menarik dengan adanya kura-kura dan ikan hias di dalamnya. Namun sayangnya, kenyataan kura-kura yang pasti akan memangsa ikan yang berada di tangki yang sama dengannya, melunturkan impian Anda tersebut. Padahal Anda sangat ingin memelihara kura-kura bersama dengan ikan.

Tenang saja. Kami mempunyai beberapa ide supaya ikan yang dipelihara bersama kura-kura di akuarium yang sama tetap aman. Namun kami tidak berani memberikan jaminan 100% ikan bakal aman dan selamat dari kura-kura. Setidaknya dengan menerapkan ide-ide ini, peluang ikan tidak dimakan oleh kura-kura lebih besar. Ikan-ikan ini relatif lebih aman daripada sebelumnya sehingga Anda dapat mewujudkan impian memiliki akuarium berisi kura-kura dan ikan.

Pelihara Kura-kura yang Karakteristiknya Jinak

Memelihara ikan bersama dengan kura-kura memiliki risiko yang sangat besar. Ikan tersebut mungkin akan dimakan oleh kura-kura karena memang merupakan mangsa alaminya. Kura-kura secara alami memakan ikan. Namun risiko ini dapat diminimalisir kalau Anda memelihara kura-kura yang memiliki karakteristik jinak. Misalnya yaitu kura-kura pipi putih, kura-kura MSE, dan labi-labi moncong babi. Ikan hias bakal relatif lebih aman saat dipelihara bersama dengan ketiga spesies kura-kura ini, jika dibandingkan jenis kura-kura yang lainnya.

Postur Ikan Harus Lebih Besar Daripada Kura-kura

Jangan pernah memelihara ikan yang berukuran jauh lebih kecil daripada kura-kura secara bersama-sama. Sebab ikan tersebut kami jamin pasti akan menjadi mangsa bagi kura-kura. Anda harus memilih ikan yang ukurannya jauh lebih besar supaya tidak dimakan oleh kura-kura. Kura-kura biasanya merasa takut untuk menggigit ikan yang ukurannya jauh lebih besar. Ikan yang berukuran besar juga mempunyai kemampuan berenang yang lebih cepat sehingga dapat melarikan diri saat hendak dimakan kura-kura.

Ikan yang Dipelihara Bukan Tipe Predator

Selain memastikan ikan di dalam akuarium tetap aman, Anda pun perlu memastikan juga kondisi kura-kura yang dipelihara bersama dengan ikan juga aman. Maksudnya kura-kura tadi tidak diserang oleh ikan. Beberapa jenis ikan memang mempunyai karakteristik yang buas dan penyerang, terutama ikan-ikan dari kelompok karnivora dan predator. Jika ikan tersebut dipelihara bersama dengan kura-kura yang masih berukuran bayi, bukan tidak mungkin justru kura-kura Anda akan menjadi santapan lezat bagi ikan predator ini.

Pelihara Ikan yang Sanggup Berenang Cepat

Kura-kura air memang mampu berenang dengan sangat baik. Kura-kura ini dapat bergerak lebih cepat saat berada di dalam perairan daripada di daratan. Namun kemampuan renangnya masih kalah dengan beberapa jenis ikan hias. Ada berbagai ikan hias yang mampu berenang jauh lebih cepat daripada kura-kura. Contohnya seperti ikan komet yang memang sanggup berenang dengan gerakan cepat sekali. Anda bisa memelihara ikan perenang handal ini agar bisa kabur saat hendak diterkam oleh kura-kura. Jangan pilih ikan yang gerakannya lamban seperti ikan mas, ikan koki, dan ikan cupang sebab pasti bakal dimakan kura-kura.

Gunakan Akuarium yang Berukuran Besar

Kalau Anda ingin memelihara kura-kura dan ikan di akuarium yang sama, syarat utamanya yaitu akuarium yang digunakan harus berukuran besar. Anda mutlak memakai akuarium yang ukurannya luas supaya kura-kura dan ikan yang hidup di dalamnya dapat bergerak dengan leluasa. Terutama ikan dapat kabur sejauh mungkin ketika akan dimakan oleh kura-kura sehingga tetap aman. Setidaknya Anda harus memakai akuarium yang ukuran panjangnya lebih dari 1 meter. Lebih besar ukurannya, bakal semakin bagus.

Sediakan Tempat Bersembunyi Bagi Ikan

Buatlah akuarium yang aman bagi ikan dan kura-kura kalau Anda ingin memelihara kedua jenis binatang ini secara bersama-sama. Anda tidak bisa mencegah kura-kura memangsa ikan sebab ini memang sudah kodratnya. Ikan merupakan salah satu makanan alami kura-kura. Yang bisa Anda lakukan yaitu melindungi ikan dari tangkapan kura-kura. Caranya dengan menyediakan beberapa tempat berlindung yang aman untuk para ikan di dalam akuarium. Tempat untuk bersembunyi ini bisa berupa gua buatan, tumpukan bebatuan, akar tanaman, atau celah sempit yang memang sengaja Anda buat. Di dalam tempat ini, ikan dapat berlindung dengan aman.