Cara agar Kura-kura Mau Makan Pelet

Sebagai binatang omnivora, kura-kura mau memakan apa saja. Dia mau mengonsumsi sayur-sayuran atau daging-dagingan yang kita berikan kepadanya. Agar kura-kura bisa memakannya dengan mudah, Anda perlu memotongnya menjadi ukuran kecil terlebih dahulu. Saat memberi makan kura-kura memang menjadi waktu yang menyenangkan. Apalagi jika peliharaan Anda tersebut mau menghabiskan pakan degan lahap. Rasanya pasti bahagia sekali.

Namun beberapa penghobi kura-kura tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk bermain bersama kura-kuranya. Maka dengan alasan kepraktisan, mereka pun memilih memberikan pelet daripada makanan segar. Memang boleh-boleh saja pelet ini dijadikan sebagai makanan utama kura-kura asalkan mengandung nutrisi yang memadai. Pelet juga mempunyai kelebihan yaitu daya tahannya yang bisa mencapai lebih dari sebulan setelah kemasannya dibuka.

Anda juga mungkin berniat menggunakan pelet sebagai makanan utama bagi kura-kura Anda? Anda harus bersabar sebab tidak semua kura-kura langsung mau mengonsumsi pelet ketika pertama kali Anda memberikannya. Kura-kura Anda memerlukan waktu untuk menyesuaikan lidahnya dengan rasa dan tekstur pelet yang berbeda dari makanan segar. Namun tidak terlalu sulit kok untuk melatih kura-kura agar mau makan pelet. Begini caranya.

Puasakan Kura-kura Terlebih Dahulu

Sebagaimana binatang reptil lainnya, kura-kura sebenarnya tidak terlalu sering makan ketika berada di habitat alaminya. Paling banyak binatang ini hanya akan mengonsumsi makanan sekali per hari. Jadi memuasakan kura-kura merupakan langkah yang aman untuk membuat nafsu makannya meningkat. Anda bisa mencoba memberlakukan puasa bagi kura-kura selama 1-2 hari tanpa makan. Kemudian keesokan harinya berikan pakan berupa pelet. Maka dia pasti akan langsung melahapnya.

Berikan Pelet Sedikit demi Sedikit

Kalau Anda ingin cara yang lebih manusiawi daripada solusi di atas, cobalah berikan pelet ini sedikit demi sedikit kepada kura-kura. Anda bisa mencampurkannya dengan pakan lain yang biasa diberikan. Untuk awalnya, Anda bisa memberikan pelet sebanyak 25%. Jika kura-kura memakannya sampai habis, tambahkan porsi pelet menjadi 50%. Begitu seterusnya hingga Anda memberikan pelet seutuhnya kepada kura-kura. Cara ini sudah terbukti berhasil untuk berbagai jenis binatang yang sedang belajar memakan pelet.

Ganti Pelet dengan Merek Lainnya

Sama seperti produk makanan untuk manusia, pelet juga sebenarnya mempunyai rasa dan aroma yang bermacam-macam. Sayangnya kita tentu tidak mungkin mencicipi pelet tersebut secara langsung. Untuk mengetahui kelezatannya, kita bisa memperhatikan tingkah laku kura-kura saat mendapatkan pelet ini. Jika kura-kura langsung mendekati pelet, kemungkinan besar aroma dan rasa pelet tersebut memang lezat. Namun bila kura-kura tidak memberi respons apapun saat diberi pelet, bisa jadi pelet tersebut tidak enak. Anda bisa menggantinya.

Berikan dengan Cara yang Benar

Memberikan pelet kepada kura-kura pun ada aturannya. Untuk kura-kura air seperti kura-kura brazil, ambon, daun, matahari, dan sebagainya, Anda harus menebarkan pelet ke kolam agar dimakan oleh kura-kura yang sedang berada di air. Dilarang memberikannya di lingkungan daratan. Sedangkan untuk memberikan pelet ke kura-kura darat seperti sulcata, emys, radiata, russian, aldabra, dan lain-lain, Anda harus membasahi pelet ini dengan air terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lunak. Barulah kemudian boleh diberikan kepada kura-kura.