Cara agar Kura-kura Mau Memakan Sayuran

Tahukah Anda, kura-kura air dan kura-kura semi-aquatic merupakan binatang omnivora. Ini artinya kura-kura tersebut pada dasarnya mau mengonsumsi makanan berupa sayur-mayur dan daging-dagingan. Sebagai penghobi, Anda bisa memberikan makanan ini secara bergantian sebagai variasi agar kura-kura tidak merasa bosan. Sedangkan kura-kura darat seperti sulcata, emys, radiatta, hermanni, russian, istar, dan aldabra bersifat herbivora yang hanya mau memakan tumbuh-tumbuhan.

Walaupun kura-kura air dan semi-aquatic adalah hewan omnivora, tetapi kenyataannya kura-kura ini lebih suka mengonsumsi daging-dagingan. Apalagi untuk kura-kura yang ukurannya masih anakan, mereka hanya mau memakan ikan dan daging saja. Sebenarnya tidak masalah jika Anda cuma memberikan daging-dagingan saja kepada kura-kura. Pertumbuhannya akan tetap normal. Namun untuk menghemat biaya perawatan, Anda perlu melatihnya agar mau memakan sayur-sayuran.

Membujuk kura-kura supaya mau memakan sayuran bisa dimulai sejak usianya remaja. Anda bisa memulainya dengan mengikuti tips-tips di bawah ini!

Pilih Sayuran yang Aman Dikonsumsi

Sayuran yang hendak diberikan kepada kura-kura harus dipastikan keamanannya. Sayuran ini harus benar-benar aman dimakan secara mentah tanpa terkecuali. Perlu diketahui, beberapa jenis sayuran mengandung racun ketika kondisinya masih mentah atau belum dimasak. Tidak sedikit pula yang dapat menimbulkan efek tertentu. Bahkan sayuran ini sangat berbahaya bila dimakan oleh manusia, apalagi untuk kura-kura. Itu sebabnya, Anda harus memahami betul sifat dan karakteristik sayuran yang ingin diberikan.

Pastikan Kura-kura Memang Menyukainya

Mayoritas kura-kura air dan semi-aquatic menyukai sayuran yang tumbuh di air. Sejumlah tanaman air memang menjadi makanan alami kura-kura di habitatnya. Kebanyakan tanaman yang tumbuh di area persawahan dan sungai merupakan santapan yang lezat bagi kura-kura. Contohnya seperti kangkung, genjer, dan semanggi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sayuran dari keluarga kubis-kubisan untuk makanan kura-kura. Di antaranya yaitu kol, sawi putih, caisim, pakcoy, dan kailan.

Potong Menjadi Berukuran Kecil

Sebelum diberikan kepada kura-kura, sayuran sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa mencucinya di bawah air yang mengalir sampai kondisi sayuran menjadi bersih dan bebas dari pestisida. Tidak jarang loh kasus kura-kura yang mati mendadak terjadi akibat penghobi memberikan pakan berupa sayuran yang masih terkontaminasi zat kimia berbahaya. Jadi meski sepele, Anda tetap wajib mencuci sayuran. Selanjutnya Anda bisa memotong sayur-mayur tadi menjadi potongan-potongan yang kecil. Buatlah bentuk menyerupai mie yang memanjang. Tujuannya agar kura-kura lebih mudah memakannya serta aroma sayuran lebih keluar.

Berikan Sedikit Demi Sedikit

Untuk memancing kura-kura agar mau memakan sayuran, Anda tidak boleh memaksanya. Bagaimana pun semua makhluk hidup pada dasarnya tidak mau dipaksa. Agar berhasil, Anda harus melakukannya sedikit demi sedikit. Berikanlah sayuran ini dalam jumlah yang sedikit. Anda bisa menggunakannya sebagai pakan tambahan dahulu. Untuk lebih menarik perhatian kura-kura, berikan sayuran ini bersama dengan pakan utamanya. Perhatikan bagaimana sikap kura-kura terhadap sayuran tersebut, apakah mau memakannya atau tidak mengacuhkannya.

Campur dengan Ikan atau Daging

Menyuruh kura-kura agar mau memakan sayuran memang sama sulitnya seperti anak-anak. Kita harus pintar mengecoh kura-kura tersebut supaya mau memakan sayuran meski hanya satu gigit saja. Masalahnya adalah kura-kura pada awalnya sering merasa tidak tertarik dengan sayuran. Mereka lebih suka dengan ikan atau daging yang memiliki aroma amis. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan aroma amis tersebut untuk mengecoh si kura-kura. Caranya dengan mencampurkan potongan-potongan sayuran bersama daging/ikan yang dicincang halus.

Berikan Pakan yang Bervariasi

Anda harus memahami bahwa jenis sayuran itu ada banyak sekali. Jika Anda baru mencoba memberikan sawi ke kura-kura, tetapi dia tidak mau, bukan berarti kura-kura tersebut benar-benar tidak mau memakan sayuran. Anda harus mencobanya lagi dengan menggunakan jenis sayuran yang lain. Sebab masing-masing jenis sayuran mempunyai rasa dan aroma yang berbeda-beda. Cobalah berikan pakan yang lebih bervariasi. Dari sini Anda akan mengetahui bahwa kura-kura Anda mau memakan jenis sayuran apa saja.