Cara Jitu Meningkatkan Nafsu Makan Kura-kura

Rawatlah kura-kura peliharaan Anda sebaik-baiknya. Niscaya kondisi kura-kura tersebut akan senantiasa sehat dan cepat tumbuh besar. Anda bisa memulainya dengan menyediakan kandang yang nyaman, menjaga kebersihan kura-kura, dan memberikan makanan yang cukup. Kura-kura akan tumbuh dengan baik apabila kebutuhan dasarnya terpenuhi. Sehingga Anda pun turut merasa gembira melihat kebahagiaan kura-kura tersebut.

Anda harus memantau kondisi kura-kura setiap hari. Kalau ada perubahan pada perilakunya, segera ambil tindakan pengobatan sesuai gejala-gejala awal yang muncul. Kura-kura yang mengalami masalah umumnya akan melakukan mogok makan. Kura-kura ini tampak seperti kehilangan nafsu makannya. Jangankan memakan pakan yang Anda berikan, mendekatinya pun dia tidak mau. Anda harus segera mengambil solusi yang tepat.

Anda bisa memakai kiat-kiat di bawah ini untuk meningkatkan nafsu makan kura-kura yang sedang bermasalah dengan kesehatannya!

Pindahkan ke Kandang Karantina

Jika Anda melihat ada kura-kura yang terlihat lesu, kurang bersemangat, tidak nafsu makan, dan menunjukkan perilaku yang berbeda dari biasanya, segera saja pindahkan kura-kura tadi ke kandang khusus yang berfungsi sebagai tempat karantina. Kura-kura ini harus dikarantina agar merasa nyaman di kandang spesial serta tidak menularkan penyakitnya ke kura-kura yang lain. Kandang karantina ini harus diletakkan di dalam ruangan dan dilengkapi penghangat.

Puasakan Selama 1-2 Hari

Anda harus tetap bersikap tenang saat melihat nafsu makan kura-kura menurun. Cobalah untuk berpikir positif. Mungkin saja kura-kura tersebut masih merasa sangat kenyang sebab terakhir kali dia memakan pakan yang cukup banyak. Karena sudah merasa kenyang, kura-kura pun enggan menghampiri pakan pemberian Anda. Dalam kasus ini, Anda bisa memberlakukan puasa kepadanya selama 1-2 hari. Seharusnya durasi waktu puasa ini tidak berbahaya.

Berikan Makanan Favorit

Kalau Anda tidak mau mengambil risiko dengan membiarkan kura-kura berpuasa, cobalah trik lain untuk memancing nafsu makannya biar meningkat. Anda bisa menggoda kura-kura dengan menggunakan pakan favorit yang paling disukainya. Meskipun sama-sama omnivora, tetapi kura-kura darat dan kura-kura air memiliki makanan favorit yang berbeda. Kura-kura darat paling suka memakan pelet impor. Sedangkan kura-kura air paling suka memakan udang.

Gunakan Pakan yang Variatif

Perlu Anda ketahui, kura-kura pun bisa merasa bosan terhadap pakan yang didapatkannya. Rasa bosan ini biasanya muncul akibat Anda memberikannya makanan yang sama secara berturut-turut. Kenyataannya, kura-kura darat lebih mudah merasa bosan dengan makanan ketimbang kura-kura air. Jadi Anda wajib menggunakan pakan yang variatif dalam memberi makan kura-kura. Maksimal memberi makan yang sama adalah 3 hari.

Pancing dengan Ikan Hidup

Tentu saja trik ini khusus ditujukan untuk kura-kura air. Sebab kura-kura darat sama sekali tidak mengonsumsi ikan, tapi dia masih mau memakan serangga kecil. Para penghobi percaya kalau kura-kura air akan merasa senang ketika diberi makanan berupa ikan hidup. Kura-kura tersebut akan merasa seperti di habitat alaminya. Dia akan berenang kian kemari untuk mengejar ikan-ikan yang Anda berikan, lalu memakannya. Untuk menjaga nafsu makannya, kami sarankan berikan ikan hidup minimal setiap seminggu sekali.