Cara Memandikan AST (Aligator Snaping Turtle) agar Aman

Bagi Anda yang ingin memelihara kura-kura yang unik dan berbeda daripada kura-kura pada umumnya, Anda bisa mencoba membeli kura-kura AST (Aligator Snaping Turtle). Kura-kura AST termasuk salah satu kura-kura yang paling buas. Karakteristik kura-kura ini mirip seperti buaya aligator. Kura-kura AST tidak segan-segan menggigit bila Anda berusaha mendekatinya. Namun inilah keistimewaan AST. Adapun harganya berkisar antara Rp 1-1,3 juta/ekor.

Dalam merawat kura-kura AST, Anda harus menjaga kondisi tubuhnya supaya tetap bersih. Itu sebabnya Anda juga perlu memandikannya. Kalau memandikan kura-kura yang berjenis RES, sulcata, atau russsian tortoise sih Anda bisa melakukannya dengan mudah. Namun bagaimana cara memandikan AST, mengingat kura-kura ini mempunyai sifat yang sangat buas. Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati supaya tetap aman dan tidak terkena gigitannya.

Berikut ini kami bagikan sedikit pengalaman bagaimana caranya memandikan kura-kura AST agar bersih, namun Anda tetap aman.

Memandikan Kura-kura AST Kecil

Jangan salah sangka dulu ya. Walaupun ukurannya masih kecil, tetapi kura-kura AST ini sudah menunjukkan perangai yang sangat ganas dan buas. Dia akan berusaha menggigit tangan Anda jika berani mendekati atau menyentuhnya. Pokoknya jangan sampai terkena gigitan dari kura-kura ini deh. Gigi AST yang masih kecil ini sudah berbentuk cukup runcing sehingga dapat mengoyak dan merobek kulit Anda. Jadi Anda tetap harus berhati-hati ketika memandikannya.

Untuk memandikan kura-kura berjenis AST yang ukurannya masih kecil, Anda bisa memegang bagian tempurung kura-kura tersebut dari samping. Peganglah tempurung AST ini dari arah belakang menggunakan ibu jari dan jari telunjuk dari tangan kiri Anda. Pegang dengan cengkeraman yang cukup kuat dan jangan sampai terlepas. Kemudian segera ambil sikat gigi menggunakan tangan kanan Anda. Usapkan sikat tersebut ke tubuh kura-kura.

Saat kepala AST terlihat mendongak ke belakang hendak menggigit jari Anda, Anda bisa menahannya memakai sikat gigi. Gunakan sikat gigi tersebut sebagai perisai untuk melindungi jari dari gigitan AST. Anda bisa memakai pasta gigi untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih. Gosok seluruh tubuh kura-kura AST tersebut secara merata. Setelah yakin seluruh permukaan tubuhnya sudah bersih, Anda bisa membilasnya di bawah air yang mengalir.

Memandikan Kura-kura AST Besar

Memandikan kura-kura AST yang mempunyai postur besar tak ubahnya seperti memandikan buaya atau aligator. Anda harus ekstra hati-hati dalam melakukan pekerjaan ini. Jangan sampai jari atau tangan Anda terkena gigitannya. Tidak hanya mengoyak kulit saja, gigitan kura-kura AST ini juga bahkan sanggup memutuskan jari-jemari Anda. Walaupun sangat ekstrem, namun Anda tetap harus memandikan AST tersebut supaya kesehatannya terjaga dengan baik.

Lantas bagaimana cara memandikan kura-kura AST besar yang tak ubahnya seperti buaya atau aligator ini? Cara yang pertama yaitu Anda bisa langsung menyemprotkan air yang mempunyai tekanan cukup tinggi ke arah tubuh AST tersebut. Air dari selang bisa langsung disemprotkan ke arah tubuh AST tadi secara merata ke seluruh tubuhnya. Meskipun hasilnya tidak terlalu maksimal, tapi setidaknya tubuh kura-kura tersebut bakal bebas dari kotoran dan lumut.

Sedangkan untuk cara yang kedua yaitu Anda harus mengupayakan agar kura-kura AST tadi tetap tenang dan tidak bergerak-gerak sehingga Anda bisa menyikati tubuhnya sampai benar-benar bersih. Tapi bagaimana caranya? Mau tak mau Anda harus mengikat tubuh kura-kura AST tersebut terlebih dahulu. Dengan hati-hati, angkat tubuh AST Anda kemudian letakkan di atas bangku. Gunakan tali dari ban dalam bekas untuk mengikat si AST.

Barulah setelah kura-kura ini terikat dengan cukup kuat, Anda bisa menyikati tubuhnya dengan leluasa. Kura-kura AST Anda sama sekali tidak dapat bergerak karena tertahan oleh ikatan ban dalam. Sehingga Anda tidak perlu takut lagi terkena gigitan kura-kura tersebut. Anda dapat memandikan AST dengan mengoleskan pasta gigi ke tempurungnya. Lalu gosoklah memakai sikat gigi bekas secara merata. Setelah didiamkan selama 2-3 menit, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.