Cara Memberi Makan Kura-kura Darat dengan Pelet

Anda juga bisa memberi makan kura-kura darat yang Anda pelihara dengan pelet. Pelet adalah makanan olahan untuk binatang yang terbuat dari berbagai macam bahan pangan. Sehingga di dalamnya terkandung banyak sekali nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan kura-kura. Namun sayangnya pelet mengandung bahan pengawet dan bahan pewarna. Jadi Anda sebaiknya tidak menggunakan pelet sebagai makanan utama bagi kura-kura darat.

Pelet banyak dipilih oleh para penghobi untuk dijadikan makanan kura-kuranya karena alasan kepraktisan. Anda bisa langsung menggunakannya tanpa perlu meracik ini dan itu. Pelet juga mudah disimpan. Selama diletakkan di ruangan yang sejuk dan tidak lembab, pelet dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan waktu kadaluwarsa pelet ini bisa mencapai lebih dari setahun. Itulah mengapa banyak penghobi yang lantas memilih pelet.

Tetapi khusus untuk kura-kura darat, Anda sebaiknya tidak langsung memberikan pelet begitu saja. Dikhawatirkan tekstur pelet dalam kondisi kering yang keras dan kaku dapat mengganggu sistem pencernaan kura-kura Anda. Maka dibutuhkan upaya-upaya tertentu untuk membuat tekstur pelet tersebut menjadi lebih lunak sehingga aman dikonsumsi oleh kura-kura darat. Nah, bagaimana caranya?

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Pelet
  • Air panas
  • Piring kecil

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Ambil pelet secukupnya saja. Kemudian masukkan ke dalam piring kecil.
  2. Ambil air panas dengan perbandingan jumlah yang sama seperti pelet. Misalnya Anda mengambil pelet sebanyak 1 sendok makan, maka air panas yang diambil pun 1 sendok makan juga.
  3. Tuangkan air panas dalam ke piring kecil sehingga dapat merendam pelet yang sudah ada di dalamnya.
  4. Biarkan sejenak selama 2-3 menit agar air panas ini benar-benar meresap masuk ke dalam pelet sehingga membuat tekstur pelet menjadi lunak.
  5. Pelet hangat pun siap disajikan untuk kura-kura darat Anda. Silakan letakkan pelet tersebut ke dalam kandang kura-kura. Biarkan kura-kura Anda menghampirinya sendiri lalu memakannya sampai habis.

Selamat mencoba!

Panduan ini juga ada di channel YouTube kami di Kuranesia!