Cara Memberi Makan Kura-kura Pipi Putih

Anda mungkin sudah memelihara kura-kura pipi putih? Kura-kura pipi putih (Siebenrockiella crassicollis) adalah spesies kura-kura air tawar yang termasuk dalam suku Geoemydidae. Dinamakan kura-kura pipi putih karena bagian pipi kura-kura ini berwarna putih. Kura-kura ini termasuk kelompok kura-kura semi-aquatic. Kura-kura pipi putih mampu tinggal di lingkungan perairan dan daratan. Habitat alaminya yaitu area persawahan dengan air yang dangkal.

Berbanding terbalik dengan kura-kura AST (Alligator Snapping Turtle) yang memiliki perangai garang dan buas, kura-kura pipi putih merupakan kura-kura yang sangat jinak. Karakteristiknya paling jinak dibandingkan spesies kura-kura yang lainnya. Kura-kura pipi putih ini juga sangat pemalu dan mudah merasa stres. Hal ini membuatnya sulit dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru di sekitarnya. Bahkan untuk memberinya makan pun Anda membutuhkan trik tersendiri.

Kali ini kami akan berbagi trik dalam memberi makan kura-kura pipi putih supaya mau makan dengan lahap.

Letakkan di Kandang yang Nyaman

Kami ingatkan sekali lagi bahwa kura-kura pipi putih merupakan kura-kura yang tidak terlalu pandai dalam beradaptasi. Hal ini tidak terlepas dari sifatnya yang sangat pemalu dan mudah stres. Jangan pernah mencoba memeliharanya di tempat yang alakadarnya sebagaimana saat Anda memelihara kura-kura brazil. Sebab kemungkinan besar kura-kura tersebut akan mati karena merasa asing dengan lingkungan barunya.

Sebaiknya Anda menggunakan kolam atau akuarium khusus untuk memelihara kura-kura pipi putih. Lengkapi pula kandang tersebut dengan tempat berjemur (basking) serta lampu ultraviolet sebagai penghangat kandang. Lalu Anda bisa mengisinya dengan air secukupnya saja hingga sebatas tempurung bagian bawah (plastron). Ingat, kura-kura ini membutuhkan kandang yang sangat nyaman agar sukses beradaptasi.

Tempatkan di Ruangan yang Sepi

Taruhlah bak atau akuarium yang menjadi tempat pemeliharaan kura-kura pipi putih di dalam ruangan yang tenang. Ruangan yang sepi serta terhindar dari suara yang bising atau berisik sangat kami rekomendasikan sebagai tempat untuk memelihara kura-kura ini. Anda dapat memilih ruangan yang paling tenang di rumah, biasanya terletak di ruangan bagian belakang. Tinggal di ruangan yang sepi membuat kura-kura mudah beradaptasi dan terhindari dari stres.

Selain kondisinya yang harus tenang dan sepi, usahakan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang lancar. Ruangan dengan perputaran udara yang lancar menandakan kalau kondisi di dalamnya sehat dan tidak terlalu lembab. Sehingga kura-kura pipi putih Anda bisa hidup dengan nyaman serta bernapas dengan leluasa saat tinggal di dalamnya. Diharapkan kura-kura tersebut akan gampang beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Gunakan Makanan Favoritnya

Di awal mula Anda memelihara kura-kura pipi putih, kemungkinan besar kura-kura ini akan susah makan. Dia lebih senang berdiam diri di sudut kandang, bersembunyi di dalam tempurungnya, dan memasang sikap waspada. Hal ini menandakan kalau kura-kura tersebut belum berhasil melakukan adaptasi. Dia masih berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya yang baru. Dia masih merasa asing di kandangnya sendiri.

Untuk memancing kura-kura tersebut agar mau tetap makan, Anda bisa memberikan makanan favorit kura-kura pipi putih. Di antaranya yaitu udang, jangkrik, dan cacing beku. Berikan pakan ini sedikit saja untuk permulaan. Pantaulah pakan tersebut setiap 3 jam sekali. Jika masih ada, buanglah sisa pakan tersebut lalu Anda bisa memberikan pakan yang baru. Lakukan hal ini sampai kura-kura tersebut sudah terlihat mau bergerak kesana-kemari di dalam kandang.

Variasikan Makanan yang Diberikan

Sama seperti manusia, kura-kura pun bisa merasa bosan dengan makanannya. Kura-kura ini akan melakukan mogok makan apabila Anda memberikannya makanan yang itu-itu saja. Sebaiknya variasikan jenis-jenis makanan yang Anda berikan kepada kura-kura pipi putih. Misalnya Anda bisa memberikannya udang selama 2 hari, kemudian jangkrik, lalu cacing beku. Dengan demikian, kura-kura tersebut akan selalu lahap menghabiskan makanannya.

Jangan berikan pelet terlebih dahulu kepada kura-kura pipi putih. Sebab tidak semua kura-kura mau memakan pelet. Anda harus melatihnya dulu agar kura-kura tersebut mau mengonsumsi pelet. Kami sudah pernah memberikan trik ini pada postingan sebelumnya. Sedangkan pakan berupa ikan hidup juga sebaiknya diberikan secara berkala. Hal ini berguna untuk memancing nafsu makan kura-kura, melatih insting berburunya, dan variasi makanan. Biasanya kura-kura akan merasa lebih senang saat diberikan pakan berupa ikan hidup.