Cara Membesarkan Kura-kura dengan Cepat

Setiap orang mempunyai binatang kesukaannya masing-masing. Tak sedikit orang yang begitu menyukai kura-kura, termasuk Anda sendiri. Kura-kura merupakan binatang yang unik. Hewan ini mempunyai tempurung yang sangat kokoh sebagai pelindungnya. Jika diperhatikan dengan baik, Anda akan menyadari bila tempurung kura-kura memiliki motif yang bermacam-macam. Inilah daya tarik lain yang dimiliki oleh kura-kura.

Biasanya seseorang akan mulai memelihara kura-kura saat ukurannya masih kecil. Kura-kura tersebut dibeli ketika kondisinya masih bayi dengan diameter tempurung kurang dari 5 cm. Alasan utamanya karena harga kura-kura bayi lebih murah dibandingkan dengan kura-kura dewasa. Kura-kura ini juga memiliki mimik muka yang imut sehingga tampak menggemaskan. Anda juga berkesempatan membuat kenangan yang lebih banyak dengannya.

Khusus bagi Anda yang memelihara kura-kura kecil, Anda bisa membesarkannya dengan cepat menggunakan kiat-kiat di bawah ini!

Buat Kandang yang Nyaman

Buatlah kura-kura Anda merasa bahagia. Salah satunya dengan memberikan kandang yang nyaman untuknya. Kandang tadi akan menjadi tempat tinggal bagi kura-kura. Ingat, kandang yang nyaman tidak harus mewah, melainkan mampu memenuhi kebutuhan kura-kura. Mulai dari suhu udara yang hangat, lingkungan yang tenang, dan tingkat kelembaban yang terjaga. Selain itu, Anda pun harus memperhatikan kondisi kebersihan kandang tersebut. Kura-kura akan merasa bahagia tinggal di dalamnya.

Berikan Pakan Tinggi Protein

Kalau ingin kura-kura Anda cepat tumbuh besar, rahasianya terletak di pakan yang diberikan. Pastikan Anda memberikan pakan yang banyak mengandung protein untuk kura-kura tersebut. Kandungan protein pada pakan akan memicu pertumbuhan otot-ototnya. Anda bisa memberi pakan berupa daging-dagingan kepada kura-kura air. Anda juga bisa memberikan putih telur rebus sebagai pakan tambahan. Sedangkan untuk kura-kura darat, sesekali berikan pelet yang banyak mengandung protein.

Jemur Kura-kura Setiap Hari

Usahakan Anda menjemur kura-kura setiap hari. Sinar matahari tidak hanya menjadi sumber vitamin D bagi kura-kura, tetapi juga mampu meningkatkan nafsu makannya. Kura-kura yang dijemur secara rutin akan mempunyai nafsu makan yang lebih tinggi. Dia akan memakan pakan yang kita berikan dengan lahapnya. Sehingga diharapkan kura-kura tersebut cepat tumbuh besar. Waktu yang paling bagus untuk menjemur kura-kura yaitu pagi hari sebelum jam 9. Tapi Anda juga masih bisa menjemurnya saat siang atau sore hari.