Cara Mengatasi Kura-kura yang Tidak Mau Makan

Semua penghobi kura-kura akan merasa bahagia ketika melihat binatang peliharaannya makan dengan lahap sekali. Hanya dengan melihatnya saja, bahkan kita bisa ikut menikmati makanan yang tengah disantap oleh si kura-kura. Mau menontonnya seharian penuh pun kita tidak akan bosan. Sebagai binatang omnivora, kura-kura memang tidak terlalu rewel soal makanan. Dia mau mengonsumsi makanan berupa tumbuh-tumbuhan dan daging-dagingan.

Itu sebabnya, Anda pun akan merasa sedih sekali tatkala melihat kura-kura yang biasa makan dengan rakusnya tiba-tiba tidak mau makan. Kura-kura tersebut seperti mengalami mogok makan. Berbagai makanan yang Anda berikan kepadanya sama sekali tidak dimakan. Bahkan untuk sekadar mengendus atau mencium makanan tersebut pun kura-kura tidak mau. Anda pun merasa pusing sendiri karena tidak habis pikir mengapa kura-kura menunjukkan perilaku demikian.

Sebaiknya Anda tenang dulu sebab kura-kura yang tidak mau makan bisa ditangani dengan mudah kok. Begini caranya!

Biarkan Kura-kura Berpuasa 1-2 Hari

Kura-kura Anda mungkin merasa kekenyangan setelah tempo hari mengonsumsi pakan yang terlalu banyak. Akibatnya dia pun enggan memakan pakan lagi. Kondisi ini sebenarnya normal sehingga Anda tidak perlu merasa risau. Anda cukup membiarkan kura-kura tersebut berpuasa selama 1-2 hari. Selama waktu berpuasa, Anda sama sekali tidak boleh memberikan pakan sedikit pun kepadanya. Biarkan kura-kura merasa lapar kembali.

Jemur atau Letakkan di Tempat Hangat

Nafsu makan kura-kura biasanya akan mengalami penurunan pada saat kondisi cuaca sedang dingin. Suhu yang rendah membuatnya malas bergerak dan tidak mau memakan pakan yang telah Anda berikan. Hal ini juga merupakan sebuah kewajaran bagi binatang yang berdarah dingin. Solusinya Anda hanya perlu menjemur kura-kura tersebut di bawah sinar matahari. Jika sedang tidak ada sinar, pasanglah lampu penghangat di dalam kandang kura-kura.

Letakkan di Tempat yang Lebih Luas

Faktor lain yang menyebabkan kura-kura enggan makan yaitu ukuran kandang yang terlalu sempit. Kondisi ini umumnya terjadi pada kura-kura air. Anda meletakkan kura-kura tersebut di dalam bak yang terlalu kecil sehingga kura-kura tidak bisa bergerak dengan leluasa. Kura-kura tersebut juga sulit melihat keberadaan pakannya. Sebaiknya Anda pindahkan kura-kura ini ke tempat yang lebih luas sehingga dia bisa melihat pakannya dengan leluasa.

Ganti dengan Pakan yang Lain

Kura-kura pun bisa mengalami kebosanan apabila terus-menerus diberi pakan yang sama. Misalnya sulcata peliharaan Anda diberi pakan berupa caisin setiap hari. Awalnya memang dia akan menghabiskan sawi hijau tersebut dengan rakus sekali. Dia sangat menyukai sawi hijau yang Anda berikan. Namun lama-kelamaan, kura-kura akan mulai merasa bosan hingga bahkan tidak mau melirik pakan tersebut lagi. Anda bisa mengatasinya dengan mengganti pakan.

Pancing dengan Kura-kura Lain

Kadang-kadang kura-kura memang sedang tidak mau mengonsumsi makanan sama sekali. Dia seperti merasa bosan dalam menjalani hidupnya. Jika kebetulan Anda memelihara beberapa kura-kura, Anda bisa menggunakan kura-kura lain untuk memancing nafsu makannya kembali. Tapi di sini Anda harus memakai kura-kura yang sejenis agar tidak terjadi pertengkaran. Saat melihat temannya makan, kura-kura tadi akan terpancing untuk memakan pakan juga.

Berikan Makanan Favorit Kura-kura

Makanan favorit merupakan makanan yang paling disukai oleh kura-kura. Tapi ada perbedaan antara makanan favorit bagi kura-kura darat dan kura-kura air. Kura-kura darat paling suka dengan bunga kembang sepatu. Sedangkan makanan favorit kura-kura air adalah udang. Anda sebaiknya tidak memberikan makanan favorit ini setiap hari, cukup di hari-hari tertentu saja. Misalnya saat kura-kura sedang mogok makan, berikan saja makanan favorit ini.

Obati Kura-kura dengan Tepat

Kura-kura yang tidak mau makan selama lebih dari 3 hari dapat dipastikan kalau dia sedang terkena penyakit. Kura-kura tersebut tengah sakit hingga mengakibatkan nafsu makannya menurun drastis. Anda harus segera memberikan pengobatan secara tepat sesuai gejala-gejala awal yang ditunjukkannya. Disarankan pula untuk membawanya ke dokter hewan sebelum kondisinya semakin memburuk. Selama pengobatan, Anda bisa memberikan makan secara paksa agar kura-kura tetap mendapatkan asupan nutrisi.