Cara Mengatasi Tempurung Kura-kura Lembek

Kura-kura merupakan binatang yang unik dengan tempurung yang dimilikinya. Semua kura-kura mempunyai tempurung. Strukturnya kokoh layaknya perisai. Fungsinya sebagai sarana perlindungan diri. Saat dalam keadaan terancam, kura-kura bisa menyembunyikan kepala, ekor, dan kaki-kakinya ke dalam tempurung ini sehingga aman. Tempurung bagian atas disebut karapas. Sedangkan tempurung bagian bawah dinamakan plastron.

Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan kura-kura melalui tempurungnya. Kura-kura yang sehat memiliki tempurung yang kokoh dan padat. Jika diperhatikan dengan baik, tempurung ini tampak tebal dan gemuk. Berbeda dengan kura-kura yang sakit, tempurungnya akan lembek. Anda bisa mencoba memegangi tempurung ini dan sedikit menekannya. Maka akan terasa di jari tangan Anda kalau tempurung kura-kura tersebut lembek.

Apakah penyebabnya? Jadi penyebab utama tempurung kura-kura lembek adalah kura-kura tersebut kekurangan unsur kalsium. Kura-kura sangat membutuhkan unsur kalsium untuk mendukung kesehatannya, terutama pertumbuhan tempurung. Tanpa asupan kalsium yang cukup, maka tempurung tidak akan berkembang dengan sempurna sehingga menjadi lembek. Kondisi ini sangat berbahaya bagi kesehatan kura-kura itu sendiri.

Anda bisa menyembuhkan kura-kura yang tempurungnya lembek dengan cara di bawah ini!

  1. Rutin Menjemur Kura-kura

Sebagai penghobi, Anda wajib menjemur kura-kura di bawah sinar matahari minimal setiap 2 hari sekali. Bagusnya sih setiap hari. Waktu yang paling baik untuk menjemur kura-kura yaitu sebelum jam 9 pagi. Tujuannya untuk mendapatkan radiasi matahari yang berguna bagi sistem pencernaannya. Jika kura-kura jarang dijemur, dia akan mengambil kalsium pada tempurung untuk membantunya mencerna makanan. Hal ini mengakibatkan tempurungnya menjadi lembek.

  1. Memasang Lampu UV B

Tidak sedikit penghobi yang terlalu sibuk dengan kehidupannya sehingga tidak punya banyak waktu untuk merawat kura-kuranya. Bahkan untuk sekadar menjemur kura-kura saat pagi dan membiarkannya saja tidak sempat. Untungnya kini sudah ada lampu ultraviolet yang mampu menggantikan peran sinar matahari. Anda bisa memasang lampu UV B di kandang kura-kura. Nyalakan lampu ini selama 8-10 jam/hari. Ingat, lampu ultraviolet wajib diganti setiap 1 tahun sekali.

  1. Berikan Pakan Tinggi Kalsium

Anda juga bisa memberikan asupan kalsium kepada kura-kura melalui makanan yang diberikan untuknya. Berikanlah makanan yang banyak mengandung kalsium kepada kura-kura secara rutin. Contohnya yaitu tulang sotong. Tanpa disangka, kura-kura ternyata sangat menyukai tulang sotong loh. Anda perlu menjemur tulang ini sampai kering terlebih dulu sebelum diberikan ke kura-kura. Kikirlah tulang sotong kering ini memakai sendok, lalu berikan serbuknya. Kura-kura pasti menyukainya.