Cara Menghias Aquarium Kura-kura Biar Makin Ciamik!

Anda mungkin tertarik untuk memelihara kura-kura? Setelah membelinya, Anda bisa menaruh kura-kura tersebut di dalam aquarium. Ya, kura-kura memang bisa dipelihara di aquarium. Tapi setting aquariumnya tidak melulu harus seperti aquarium untuk ikan hias. Pengaturan tangki aquarium untuk kura-kura dapat disesuaikan dengan jenis kura-kura yang Anda pelihara. Apakah kura-kura air, kura-kura darat, atau kura-kura semi-aquatic?

Perlu Anda ketahui, tidak semua kura-kura sanggup bertahan hidup di perairan dan daratan. Ada kura-kura yang hanya hidup di perairan saja. Ada pula kura-kura yang sama sekali tak bisa berenang di air sehingga hanya dapat hidup di daratan. Anda perlu menyediakan aquarium sebagai tempat tinggal kura-kura sesuai dengan jenisnya. Jadi tugas pertama Anda adalah mengidentifikasi jenis kura-kura yang Anda pelihara termasuk kelompok yang mana.

Untuk mempermudah Anda dalam mengenali jenis kura-kura yang dipelihara, kami bagikan beberapa contoh kura-kura berdasarkan kelompoknya!

  • Contoh kura-kura air yaitu labi-labi moncong babi, labi-labi pelodiscus, labi-labi amyda, labi-labi bintang, dan kura-kura byuku.
  • Contoh kura-kura darat yaitu kura-kura aldabra, kura-kura sulcata, kura-kura radiatta, kura-kura indian star, kura-kura emys, dan kura-kura russian.
  • Contoh kura-kura semi-aquatic yaitu kura-kura brazil, kura-kura ambon, kura-kura dada merah, kura-kura leher panjang, kura-kura mse, dan kura-kura pipi putih.

Setelah Anda berhasil mengidentifikasi jenis kura-kura yang ada di rumah, barulah kemudian Anda bisa menyiapkan aquarium yang tepat untuknya. Kami sudah pernah membahas proses pengaturan aquarium untuk kura-kura pada artikel sebelumnya. Agar aquarium tersebut lebih menarik dan kura-kura yang tinggal di dalamnya merasa semakin nyaman, Anda bisa menghiasi tangki aquarium ini dengan aksesori yang sesuai. Silakan ikuti kiat-kiat di bawah ini!

Filter Air

Aquarium untuk kura-kura air dan kura-kura semi-aquatic wajib dilengkapi dengan filter. Alat ini berfungsi sebagai penyaring partikel-partikel kotoran yang terlarut di dalam air. Dengan adanya filter tersebut, maka kondisi kebersihan air bakal senantiasa terjaga. Pilihlah filter air yang memiliki kemampuan sesuai volume aquarium. Anda bisa menggunakan filter khusus untuk aquarium kura-kura supaya jatuhnya air nampak lebih indah.

Lampu UV

Sebagai binatang berdarah dingin, kura-kura tidak bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan temperatur udara di sekitarnya. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan alat bantu yang bisa menghangatkan tubuh kura-kura tersebut, khususnya saat suhu udara sedang dingin. Khusus untuk aquarium kura-kura darat dan kura-kura semi-aquatic, Anda dapat memasang sebuah lampu ultraviolet sehingga kura-kura tadi tidak merasa kedinginan.

Water Heater

Kalau untuk aquarium kura-kura darat, Anda bisa menggunakan lampu ultraviolet untuk menghangatkan suhu tubuhnya. Sedangkan untuk kura-kura air, Anda bisa memanfaatkan water heater. Alat ini pada dasarnya berfungsi untuk menghangatkan air di dalam aquarium. Sehingga ketika kondisi cuaca sedang cukup dingin, Anda tidak perlu khawatir kura-kura air yang hidup di aquarium bakal mengalami kedinginan. Sebab sudah ada penghangat airnya.

Basking

Basking merupakan tempat untuk berjemur bagi kura-kura. Saat Anda memelihara kura-kura semi-aquatic di dalam aquarium, Anda perlu melengkapinya dengan basking. Basking ini juga dapat berfungsi sebagai wilayah daratan sehingga kura-kura tersebut tidak terus-menerus berada di dalam air. Kura-kura bisa bersantai sejenak di atas basking ini. Anda bisa memasang lampu ultraviolet tepat di atas basking agar kura-kura juga bisa merasakan manfaatnya.

Alas

Alas yang digunakan untuk aquarium dapat disesuaikan dengan jenis kura-kuranya. Untuk kura-kura darat, Anda bisa memakai alas yang membuatnya tidak merasa terlalu licin saat memijaki permukaan aquarium. Alas yang paling tepat yaitu anyaman benang ukuran besar. Anda juga bisa memakai karpet benang untuk aquarium ini. Hindari menambahkan tanah, pasir, atau bebatuan ke dalam aquarium tersebut sebab bukan tidak mungkin kura-kura darat akan memakan butirannya.

Sedangkan untuk aquarium kura-kura air dan kura-kura semi-aquatic, Anda bisa menggunakan alas berupa pasir yang telah diayak supaya bersih dari kotoran. Sebenarnya pasir apapun dapat dimasukkan ke dalam aquarium kura-kura. Tapi jenis pasir yang paling tepat ialah pasir sungai. Setelah diayak menggunakan saringan plastik, Anda bisa mencuci pasir tersebut sebanyak 3-5 kali. Kemudian rendamlah pasir ini di air bersih selama 3 hari berturut-turut. Setiap 12 jam sekali, Anda perlu mengganti air rendamannya.

Tanaman Plastik

Sebenarnya Anda tak wajib menambahkan aksesori berupa tanaman-tanaman plastik ke dalam aquarium kura-kura. Sebab tanpa tanaman plastik tersebut pun kura-kura bisa tetap tinggal dengan nyaman di dalam aquarium. Namun untuk menciptakan kesan lingkungan aquarium yang asri, Anda boleh memasang tanaman plastik ini. Sangat penting untuk diperhatikan kalau ingin menambah tanaman plastik, Anda harus memastikan tanaman tadi terbuat dari bahan yang aman bagi kura-kura. Sehingga bila kura-kura mencoba menggigitnya, dia tak akan mengalami keracunan. Gunakan tanaman plastik dalam jumlah yang wajar. Kemudian letakkan di tempat yang tidak mengganggu pergerakan kura-kura Anda.