Cara Mengobati Benjolan di Kepala Kura-kura

Adanya benjolan di kepala kura-kura menandakan kalau kondisinya sedang tidak sehat. Ingat, kura-kura yang sehat memiliki tubuh yang sempurna nyaris tanpa kekurangan. Tidak ada cacat sama sekali pada kura-kura tersebut. Sedangkan jikalau kura-kura sebelumnya terlihat begitu sempurna, kemudian muncul semacam benjolan di kepalanya, maka kemungkinan besar kalau kura-kura tersebut sedang sakit. Tugas Anda harus mengobatinya.

Munculnya benjolan di kepala kura-kura mengindikasikan kalau kondisinya sedang tidak sehat. Sebelum bisa mengobatinya, Anda harus mencari penyebab utamanya terlebih dahulu. Pasti kemunculan benjolan pada bagian kepala kura-kura ini bukan tanpa sebab. Ada faktor-faktor yang memicu timbulnya benjolan tersebut. Anda harus bisa mencari tahu terlebih dahulu agar bisa memberikan pengobatan secara tepat.

Benjolan pada kepala kura-kura bisa disebabkan oleh infeksi maupun keracunan. Anda bisa mengobatinya dengan solusi di bawah ini!

INFEKSI

Infeksi mikroorganisme menyebabkan kura-kura mengalami iritasi sehingga menimbulkan benjolan di kepalanya. Infeksi termasuk serangan yang berbahaya. Kura-kura bisa mengalami mogok makan karena menahan rasa sakit luar biasa dari infeksi tersebut. Kotorannya juga sering kali agak cair sampai tidak bisa buang air besar. Pada kondisi yang parah, kura-kura akan diam tak bergerak.

Infeksi biasanya terjadi ketika daya tahan tubuh kura-kura sedang lemah. Kondisi ini biasanya terjadi pada musim pancaroba hingga musim penghujan. Pada saat itulah bakteri akan mudah menyerang sistem tubuh kura-kura. Upaya terapi bisa dilakukan dengan merendam kura-kura di air daun sirih.  Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih ini untuk membersihkan bagian tubuh kura-kura yang terinfeksi. Selama masa terapi, kurangi air di kolam sampai sebatas plastron. Berikan antibiotik untuk melawan infeksi tersebut.

KERACUNAN

Salah satu tanda kura-kura yang mengalami keracunan yaitu kepalanya bengkak. Kasus ini banyak menimpa kura-kura yang masih bayi, terutama sulcata dan pardalis. Ciri-ciri lain kura-kura yang keracunan yaitu kotorannya cair, kondisinya sangat lemas, nafsu makannya hilang, dan kura-kura terlihat diam. Perlu penanganan secara cepat dan tepat untuk mengobati kura-kura yang keracunan. Sebab bila terlambat, nyawa taruhannya. Kura-kura tersebut bisa mati secara mendadak.

Penyebab utama kura-kura mengalami keracunan yaitu kita secara tidak sengaja memberikan bahan yang beracun kepada kura-kura. Misalnya seperti sayuran yang tidak dicuci terlebih dahulu, penggunaan obat semprot di area kandang, sampai alas koran yang dimakan oleh kura-kura. Upaya terapi dapat dilakukan dengan meminumkan minyak sayur atau air kelapa ke kura-kura secara paksa. Anda bisa menggunakan bantuan selang atau sedotan. Berikan terapi ini selama 3 hari berturut-turut.