Cara Mengobati Emys yang Cacingan

Indonesia mempunyai kura-kura darat sendiri yaitu emys (Manouria Emys). Emys dikenal pula dengan sebutan kura-kura kaki gajah. Hal ini dikarenakan emys mempunyai kaki yang cukup besar dan sekilas bentuknya menyerupai kaki gajah. Karena habitatnya berada di hutan-hutan belantara di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan, tidak sulit memelihara emys di Indonesia. Ini merupakan kura-kura terbaik yang bisa dipelihara oleh para pemula.

Jika Anda sudah mempunyai emys di rumah, Anda wajib memeliharanya dengan baik. Ada satu penyakit yang sering menimpa emys yaitu penyakit cacing. Kasus cacingan pada emys biasanya terjadi akibat pemilik kurang memperhatikan kebersihan emys, kandang yang menjadi tempat tinggalnya, serta pakan yang dikonsumsi oleh kura-kura tersebut. Akibatnya telur-telur cacing akan memasuki saluran pencernaan emys, lalu melakukan serangan.

Ciri-ciri emys yang sedang mengalami cacingan antara lain :

  1. Kotoran emys mengandung cacing.
  2. Emys muntah beberapa kali, kadang-kadang ada cacing di muntahannya
  3. Nafsu makan emys menurun secara drastis
  4. Kondisi emys terlihat lemas sekali karena banyak kehilangan cairan
  5. Emys lebih suka minum daripada memakan pakannya

Anda harus mengobati emys yang sedang dilanda penyakit cacingan dengan cepat dan tepat. Terlambat memberikan pengobatan bisa berakibat fatal. Bukan tidak mungkin emys tersebut akan mati. Emys yang sedang terkena penyakit ini biasanya akan mengalami dehidrasi secara optimal. Cairan di dalam tubuh kura-kura tersebut akan keluar terus-menerus. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengobatinya yaitu :

  • Memberikan Buah Pepaya

Buah pepaya ternyata sangat ampuh mengatasi penyakit cacingan yang menyerang kura-kura kaki gajah. Emys yang diberi makan buah pepaya secara rutin akan cepat sembuh dari penyakit cacingan yang dideritanya. Anda bisa menggunakan buah pepaya yang telah matang. Potong buah pepaya ini menjadi beberapa bagian tanpa perlu mengupas lapisan kulit buahnya. Berikan buah pepaya ini beserta biji-bijinya kepada emys. Niscaya emys pun akan sehat kembali.

  • Memberikan Daun Talas

Emys yang sedang terkena penyakit cacingan juga disarankan untuk diberi daun talas sebagai pakan utamanya. Daun talas ini terbukti secara efektif mampu membantu mengurangi dan meredakan penyakit cacingan yang sedang diderita oleh emys. Anda bisa menggunakan daun talas muda, di mana kondisi daunnya masih menggulung. Berikan daun talas ini setiap hari selama masa treatment sampai kura-kura emys yang Anda pelihara benar-benar sembuh dari penyakit cacingan.

  • Memberikan Obat Panacur

Ada obat cacing yang aman diberikan untuk kura-kura yaitu Panacur. Anda bisa memperoleh obat ini di apotek atau toko binatang peliharaan terdekat. Dosis panacur yang disarankan berkisar antara 25-50 mg/kg. Artinya dosis pemberian obat ini harus disesuaikan dengan berat tubuh emys yang sakit. Obat ini diberikan melalui mulut (oral). Berikan lagi dosis yang sama setelah 2 minggu kemudian. Jangan lupa pantau terus kondisi kesehatan emys melalui kotorannya.

Selama masa treatment berlangsung, emys yang terkena penyakit cacingan wajib dipisahkan dari kura-kura lainnya. Perlu Anda ketahui, penyakit cacingan ini mudah sekali menular. Jangan biarkan kura-kura Anda yang lain ikut terserang penyakit ini akibat keteledoran Anda sendiri. Cegah penyebaran penyakit ini sebelum menjadi wabah. Cacing yang keluar melalui muntahan dan kotoran emys pun harus segera dibinasakan. Rawatlah emys tersebut sampai kondisinya kembali pulih seperti sedia kala.