Cara Mengobati Kura-kura yang Mengambang di Air

Ada cukup banyak penyakit yang dapat menimpa kura-kura. Dari mulai penyakit yang ringan, sedang, dan berat hingga dapat mengakibatkan kematian. Anda harus waspada terhadap semua jenis penyakit tersebut. Perawatan secara tepat merupakan kunci utama dalam melakukan pencegahan penyakit pada kura-kura. Kura-kura yang dirawat dengan baik akan senantiasa sehat dan terus terpantau kondisi kesehatannya.

Anda harus melakukan kontrol terhadap kondisi kura-kura setiap saat. Segera lakukan upaya pengobatan awal manakala Anda melihat adanya gejala-gejala awal serangan penyakit yang diperlihatkan oleh kura-kura. Salah satunya yaitu kura-kura yang mengambang di air. Kura-kura yang mengambang di air merupakan kondisi yang tidak normal karena seharusnya hewan ini dapat berenang naik-turun di air dengan bebas.

Lumrahnya kura-kura memang dapat berenang dengan leluasa di dalam air. Dia bisa berenang di dasar air atau menuju ke permukaan air. Jika kura-kura hanya mengambang atau terapung di permukaan air saja artinya dia sedang mengalami masalah. Kondisi ini dapat terjadi lantaran kura-kura tersebut kekurangan zat besi dan kalsium. Akibatnya yaitu bobot tubuhnya menjadi sangat ringan. Itulah mengapa kura-kura tersebut tidak mampu menenggelamkan diri. Sebab gaya tekan air ke atas lebih kuat daripada tenaganya.

Untuk mengobati kura-kura yang mengambang di permukaan air, Anda bisa mengaplikasikan kiat-kiat di bawah ini!

Berikan Tulang Sotong

Pada dasarnya, kura-kura yang hanya bisa mengambang di permukaan air sedang mengalami kekurangan kalsium. Hal ini mengakibatkan bobot tubuhnya menjadi sangat ringan. Bahkan air saja mampu mengangkat tubuh kura-kura tersebut. Jadi cara mengobatinya yaitu Anda dapat memberikan makanan yang banyak mengandung kalsium kepadanya. Kami menyarankan Anda memberi tulang sotong kepada kura-kura tersebut.

Tentu saja Anda tak boleh langsung memberikan tulang sotong ini dalam keadaan yang masih utuh. Sebab kura-kura pasti tidak sanggup memakannya. Giginya tidak mampu mengoyak tulang sotong yang sangat keras ini. Sebelumnya Anda harus menjemur tulang sotong tersebut hingga kering, lalu kikislah permukaannya memakai sendok hingga menjadi serpihan-serpihan. Nah, serpihan tulang sotong inilah yang mesti Anda berikan kepada kura-kura setiap hari hingga penyakitnya sembuh.

Berikan Ikan Rebus

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan tulang sotong, Anda bisa menggunakan makanan yang lainnya untuk menaikkan kadar kalsium pada kura-kura tersebut. Kami merekomendasikan Anda rutin memberikan daging ikan kepada kura-kura. Sebaiknya Anda tidak memberikan daging ikan mentah karena beberapa kasus kura-kura justru akan muntah. Anda bisa merebus daging tersebut sampai matang sebelum diberikan ke kura-kura.

Jemur Secara Rutin

Sebagai terapi untuk mengobati kura-kura yang selalu mengambang di air, Anda perlu menjemur kura-kura tersebut. Kura-kura memang wajib dijemur secara rutin untuk mendapat manfaat dari sinar matahari. Tanpa Anda sadari, sinar matahari memiliki manfaat yang begitu besar bagi semua makhluk hidup di muka bumi. Tidak hanya menyinari dunia saja, tetapi sinar alami juga dapat merangsang pembentukan vitamin D sehingga membuat tubuh kita semakin kuat.

Namun untuk menjemur kura-kura ada tata cara yang harus Anda taati. Anda tidak boleh serta merta menjemurnya. Sebelumnya Anda perlu merendam kura-kura ini di air hangat terlebih dahulu agar dia merasa nyaman. Barulah kemudian Anda pindahkan wadah berisi kura-kura ini ke tempat terbuka yang bisa mendapatkan sinar matahari. Usahakan hanya setengah bagian wadah saja yang terpapar sinar, sedangkan setengah bagian lagi kondisinya teduh. Anda bisa menjemur kura-kura ini selama 20-30 menit saja. Jangan menjemur kura-kura saat siang hari, Anda hanya boleh melakukannya di pagi hari.

Air Setengah Badan

Kura-kura air yang sedang terkena penyakit sehingga membuat badannya terus-menerus mengambang di air sebaiknya dipisahkan dari kura-kura yang lainnya. Kura-kura ini harus diletakkan di kolam khusus untuk dirinya sendiri. Mengingat dia tidak bisa menenggelamkan diri, Anda sebaiknya mengisi kolam tersebut hingga tingginya mencapai setengah dari tinggi kura-kura saja. Sehingga dia tetap bisa menapak di dasar kolam dan tidak terus-terusan mengapung di air. Hal ini akan membuatnya tetap merasa nyaman.