Cara Merawat Kura-kura Ocadia Sinensis secara Lengkap

Kura-kura ocadia sinensis tergolong sebagai kura-kura semi-aquatic. Kura-kura ini tinggal di perairan dan daratan. Namun kecenderungannya ialah lebih suka tinggal di dalam air. Ciri-ciri kura-kura ocadia yaitu mempunyai ekor yang panjang serta tempurung berwara cokelat kemerah-merahan. Kura-kura ini cukup menarik untuk dipelihara. Pastinya dengan adanya kura-kura ocadia, koleksi kura-kura Anda di rumah bakal semakin lengkap. Adapun harganya sekitar Rp 250-300 ribu/ekor.

Memelihara kura-kura ocadia sinensis tidak terlalu susah. Prosesnya kurang lebih mirip seperti merawat kura-kura semi-aquatic yang lainnya. Sama seperti kura-kura brazil, spesies kura-kura ocadia ini pun bisa dipeliihara di dalam kolam atau akuarium. Bahkan jikalau terpaksa, Anda pun dapat memeliharanya di dalam ember atau baskom plastik. Disarankan untuk tidak mencampur kura-kura ini dengan kura-kura predator. Sebab ekornya yang panjang kerap menarik kura-kura lain untuk menggigitnya.

Bagi Anda yang tertarik memelihara kura-kura ocadia sinensis, simak yuk kiat-kiat dalam memelihara kura-kura ini!

Memelihara di Kolam

Media pemeliharaan yang kami sarankan untuk digunakan sebagai tempat tinggal kura-kura ocadia ialah kolam. Anda bisa menyediakan kolam yang ukurannya cukup besar. Untuk masalah bentuk kolam ini tak terlalu mempengaruhi. Faktor yang terpenting untuk diperhatikan yaitu sediakan area daratan di dalam kolam tersebut. Biasanya kami membuat area daratan ini tepat di tengah-tengah kolam. Sehingga area ini akan dikelilingi perairan. Kolam pun bakal terlihat menarik sekali saat kura-kura sedang berada di atas daratan ini. Jangan lupa memasang filter untuk menjaga kebersihan air di kolam.

Memelihara di Akuarium

Memelihara kura-kura ocadia pun dapat dilakukan menggunakan akuarium layaknya memelihara labi-labi. Sangat disarankan memakai akuarium yang ukurannya besar, atau paling tidak lima kali lipat dari ukuran postur kura-kura. Kemudian Anda bisa memasang aksesori berupa basking untuk menciptakan area daratan di dalam akuarium tersebut. Anda bisa mendapatkannya di www.kuranesia.com. Pasanglah lampu ultraviolet di atas basking ini. Anda juga perlu memasang filter untuk menjaga kebersihan air. Adapun akuarium cukup diisi dengan air setinggi postur kura-kura.

Memelihara di Bak Plastik

Tidak ada salahnya memelihara kura-kura ocadia di bak plastik seperti ember atau baskom. Faktanya memang ada tidak sedikit penghobi yang menggunakan bak plastik sebagai tempat pemeliharaan kura-kura. Dengan harga yang lebih murah, kita dapat memiliki beberapa bak plastik sehingga memungkinkan semua kura-kura yang dimiliki dapat dipelihara secara terpisah sehingga lebih aman. Namun memelihara kura-kura di bak plastik tentu agak merepotkan. Karena sulit memasang filter air maupun water heater, tugas utama Anda yaitu menjaga kondisi air di dalam bak agar senantiasa tetap bersih.

Daftar Makanan Kesukaan

Kura-kura ocadia sinensis merupakan binatang omnivora. Tetapi saat masih kecil, kura-kura ini biasanya cuma mau mengonsumsi pakan yang berjenis daging-dagingan saja. Contohnya ikan, udang, jangkrik, daging ayam, telur rebus, ulat hongkong, cacing beku, dan sebagainya. Barulah setelah beranjak remaja, kura-kura ini akan mulai mencoba memakan sayur-sayuran seperti kangkung, kubis, dan sawi putih. Menariknya setelah menjadi dewasa, kura-kura ocadia yang berjenis kelamin betina justru lebih suka memakan sayur-mayur. Namun sebaiknya Anda tetap memberinya makanan yang bervariasi agar nafsu makannya tetap terjaga.

Perawatan Harian Kura-kura

Pemantauan terhadap kondisi air di bak pemeliharaan kura-kura ocadia harus dilakukan setiap saat. Bila kondisi air di dalam bak tersebut sudah nampak kotor, jangan ragu untuk segera menggantinya. Selain kebersihan kandang, Anda pun perlu memperhatikan kebersihan kura-kura itu sendiri. Kura-kura ocadia sinensis perlu dimandikan setidaknya 2-3 hari sekali. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut untuk membersihkan tempurung kura-kura ini.

Setelah selesai mandi, kura-kura perlu direndam di air hangat agar tubuhnya merasa rileks. Perendaman di air hangat akan membuat kura-kura merasa nyaman, tenang, dan tenteram. Barulah kemudian Anda bisa menjemur kura-kura ini di bawah sinar matahari pagi. Durasi waktu penjemuran cukup sekitar 20-30 menit. Sinar matahari sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan tempurung kura-kura. Jemurlah kura-kura ini tetap di dalam bak rendamnya agar tidak mengalami dehidrasi.