Cara Merawat Kura-kura yang Sakit Mata

Merawat kura-kura harus dilakukan dengan sepenuh hati. Anda tidak boleh setengah-setengah dalam merawatnya. Apalagi kalau kura-kura tersebut sedang sakit, maka Anda harus lebih rajin lagi dalam merawat si kura-kura. Kenyataannya kondisi kura-kura tidak selamanya sehat. Kura-kura pun bisa mengalami sakit. Salah satu contoh penyakit kura-kura yang perlu Anda waspadai yaitu penyakit mata. Penyakit ini cukup ganas hingga dapat mengakibatkan kebutaan.

Kura-kura yang sedang menderita sakit pada matanya terlihat dari bagian mata kura-kura yang tampak tidak normal. Ukuran mata tersebut lebih besar daripada biasanya karena mengalami pembengkakan. Akibatnya tentu kura-kura kesayangan Anda tidak dapat melihat secara jelas. Indera penglihatannya terganggu. Dia juga merasa tidak nyaman karena harus menahan sakit yang luar biasa di bagian matanya. Anda mesti mengobati dan merawatnya dengan baik.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu sakit mata pada kura-kura, antara lain :

  1. Kurang mendapatkan vitamin A
  2. Trauma misal karena terbentur atau tertusuk
  3. Mata kura-kura terkontaminasi benda asing
  4. Serangan atau infeksi kuman dan bakteri
  5. Bisul yang timbul di sekitar area mata

Jangan pernah membiarkan kura-kura yang sedang terkena penyakit mata. Sebab Anda tidak pernah tahu kalau penyakit tersebut bisa semakin parah. Hingga dampaknya mengakibatkan mata kura-kura yang sakit menjadi buta. Sebagai pemiliknya, Anda tentu tidak mengharapkan masalah ini terjadi. Oleh karena itu, lakukan upaya pengobatan sedini mungkin mumpung penyakitnya belum terlanjur parah.

Anda bisa mengamati perilaku kura-kura yang sakit terlebih dahulu sebelum memberikan pengobatan agar bisa mengetahui penyebab utamanya secara tepat. Apabila mata kura-kura mengalami bengkak tanpa disertai ruam kemerahan serta kura-kura tidak terlihat menggaruk-garuk matanya artinya sakit mata tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin A. Kondisi ini biasanya menimpa kura-kura yang masih kecil. Untuk mengatasinya, Anda cukup memberikan sayuran yang banyak mengandung vitamin A.

Sementara itu, jika kura-kura yang sedang sakit mata tampak sering menggaruk-garuk matanya, maka kemungkinan besar penyakit ini disebabkan oleh infeksi kuman atau hal-hal lain yang menyebabkan mata kura-kura tersebut benar-benar sakit cukup parah. Penyebabnya lebih dari sekadar kekurangan vitamin A. Anda harus merawatnya dengan memberikan terapi secara tepat sampai kondisinya menjadi sembuh kembali.

Berikut ini solusi-solusi yang bisa Anda coba lakukan sendiri :

  1. Rendamlah kura-kura di air hangat yang telah diberi garam. Anda bisa menambahkan 1 sendok makan garam beryodium ke dalam air rendaman tersebut. Usahakan Anda merendam kura-kura ini setiap pagi. Sembari direndam, sesekali Anda juga bisa membersihkan bagian kelopak matanya.
  2. Daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit mata pada kura-kura karena mengandung zat antibakteri dan antikuman. Sebelumnya Anda perlu merebus 5-10 lembar daun sirih dengan 1 gelas air. Kemudian air rebusannya bisa Anda pakai untuk membersihkan mata kura-kura.
  3. Saat ini sudah ada obat mata khusus yang bisa digunakan untuk menyembuhkan mata kura-kura yang sakit. Anda bisa menggunakan obat mata yang mengandung genoptic atau gentamycin. Pilihlah obat mata yang berbentuk salep. Tugas Anda selanjutnya harus mengoleskan obat salep ini ke mata kura-kura secara rutin.