Cara Mudah Bersihkan Bulus agar Bebas Kotoran

Anda harus rajin merawat bulus peliharaan supaya kesehatannya senantiasa terjaga. Bulus pun perlu mendapatkan perawatan yang baik. Kalau Anda merawatnya dengan sepenuh hati, bulus tersebut akan cepat tumbuh besar. Salah satu cara dalam merawat bulus yaitu membersihkan tubuhnya. Seperti halnya jenis kura-kura yang lain, tubuh bulus pun harus selalu dibersihkan. Pertanyaannya adalah bagaimana cara membersihkan bulus?

Dalam membersihkan bulus, Anda harus melakukannya secara hati-hati. Mengapa? Pasalnya bulus merupakan kura-kura yang buas. Perilakunya sangat agresif mirip seperti kura-kura AST (Alligator Snapping Turtle). Jika tidak waspada saat membersihkannya, jari tangan Anda bisa digigit oleh bulus. Gigitan bulus ukuran bayi sudah terasa sakit meski masih kecil. Sedangkan gigitan bulus dewasa mungkin saja dapat menyebabkan jari tangan Anda terputus.

Anda membutuhkan trik khusus agar dapat membersihkan bulus secara aman. Berikut ini tata cara yang perlu Anda lakukan.

Peralatan yang Perlu Disiapkan

Untuk dapat membersihkan bulus, prosesnya tidak berbeda jauh dengan membersihkan jenis kura-kura yang lainnya. Begitu pula dengan peralatan yang digunakan pun masih sama. Di antaranya yaitu sikat gigi, pasta gigi, dan air. Tapi karena tempurung bulus sangat lunak, Anda sebaiknya memakai sikat gigi yang memiliki bulu sangat lembut agar tidak melukai permukaan tempurungnya. Jika ragu, Anda juga bisa mengganti sikat gigi dengan busa yang lembut.

Pindahkan Bulus ke Bak yang Bersih

Mula-mula Anda perlu memindahkan bulus yang akan dimandikan dari kolamnya yang kotor ke bak. Angkatlah bulus tersebut dengan hati-hati. Anda bisa memegangi tubuhnya dari arah belakang supaya tidak terkena gigitan gigi bulus yang tajam. Waspadalah sebab bulus ini dapat melengkungkan tubuhnya. Setelah bulus berhasil dipindahkan ke bak, Anda bisa mengisi bak tersebut dengan air bersih sebatas tempurung bagian bawahnya.

Pegang dengan Benar dan Bersihkan

Pegang bulus yang akan dibersihkan memakai tangan kiri Anda. Sedangkan tangan kanan Anda memegangi sikat gigi. Oleskan pasta gigi secukupnya ke bulu sikat tersebut. Setelah itu, gosok tempurung bulus menggunakan sikat gigi. Ingat, bagian tubuh bulus yang perlu dibersihkan hanya tempurungnya saja. Usahakan jangan sampai mengenai kepalanya. Gosoklah seluruh permukaan tempurung bulus, baik bagian atas maupun bawahnya. Gosok terus sampai bersih. Lalu kembalikan bulus ini ke bak dan biarkan selama 2-3 menit. Barulah kemudian Anda bisa membilasnya sampai bersih.

Jemurlah Bulus di Bawah Sinar Matahari

Usahakan setiap kali Anda selesai membersihkan bulus, jemurlah bulus tersebut di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Sebab sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan bulus. Sinar tersebut bisa memicu produksi vitamin D di dalam tubuh bulus yang sangat berguna bagi pertumbuhan tempurungnya. Anda bisa menjemur bulus ini selama 15-20 menit setelah selesai dibersihkan. Biarkan bulus menikmati kehangatan sinar matahari pagi.