Cara Mudah Menjinakkan Kura-kura Ambon

Anda bisa memelihara kura-kura mulai dari jenis kura-kura ambon. Ini merupakan kura-kura yang paling mudah dipelihara dibandingkan jenis lainnya. Bahkan bagi pemula seperti Anda sekali pun, merawat kura-kura ambon termasuk yang paling gampang dilakukan. Pasalnya kura-kura ini memang asli dari Indonesia sehingga Anda tidak perlu lagi memberikannya perawatan-perawatan tertentu supaya dia mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungannya.

Satu-satunya tantangan terbesar saat memelihara kura-kura ambon adalah menjinakkannya. Mengapa kura-kura ambon perlu dijinakkan? Apakah kura-kura ini sangat buas sehingga perlu Anda jinakkan? Kenyataannya justru sebaliknya. Kura-kura ambon memiliki karakteristik yang pemalu, kurang lebih mirip seperti kura-kura piput dan kura-kura MSE. Jika belum mengenal baik dengan kondisi di sekitarnya, kura-kura ini akan selalu berada di dalam tempurung dan diam sepanjang hari.

Inilah alasan utamanya mengapa kita sebagai pemilik harus membantu kura-kura tersebut beradaptasi dengan menjinakkannya. Sebab kura-kura ambon yang gagal beradaptasi biasanya akan melakukan mogok makan selama berhari-hari. Sampai akhirnya dia pun mati mendadak akibat mengalami stres yang terlampau parah. Dengan menjinakkannya, kita bisa membantu kura-kura ambon tersebut untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya sehingga dapat memperbesar peluangnya beradaptasi.

Tahap 1. Meletakkan Kura-kura di Tempat yang Sepi

Setelah Anda mendapatkan kura-kura ambon yang baru dibeli, jangan langsung melepasnya di kolam pemeliharaan utama. Sebaiknya Anda tempatkan kura-kura ini ke dalam baskom plastik, lalu isilah dengan air hingga tingginya mencapai setengah dari tempurung kura-kura.

Kemudian letakkan baskom berisi kura-kura ini di tempat yang sangat sepi dan suasananya cenderung gelap. Kami biasanya memilih kolong tempat tidur di kamar tamu sebagai tempat adaptasi karena memang suasananya sangat sepi. Biarkan selama 1-2 jam sampai kura-kura mau keluar dari tempurungnya dan bergerak.

Tahap 2. Memberinya Makan dengan Udang Kupas

Anda perlu memberi makan kura-kura ambon secepat mungkin. Ingat, selama di perjalanan pengiriman, kura-kura tersebut sama sekali tidak makan. Sehingga kita perlu mengupayakan agar si kura-kura bisa makan secepat-cepatnya. Triknya yaitu gunakan makanan favorit kura-kura untuk memancingnya supaya mau makan.

Kami sarankan pakailah udang kupas yang memang sangat disukai oleh kura-kura ambon. Jangan gunakan udang laut, melainkan udang tambak yang memang mempunyai rasa dan aroma amis yang lebih kuat. Kupaslah kulit udang tersebut, lalu potong menjadi kecil-kecil sebelum diberikan ke kura-kura.

Tahap 3. Rajin Memandikan Kura-kura Ambon

Tak kenal, maka tak sayang. Kalau ingin kura-kura ambon Anda semakin akrab, maka Anda harus rajin menyentuhnya. Anda bisa rutin memandikan kura-kura tersebut supaya semakin mengenalinya. Kalau bisa, mandikanlah kura-kura ini setiap hari.

Anda perlu memandikan kura-kura ini saat pagi hari, lalu menjemurnya selama 20-30 menit. Barulah kemudian Anda bisa memberinya makan. Setelah itu, lepaskan sebentar kura-kura ini di halaman rumah Anda agar dia bisa bergerak dengan bebas. Ingat, Anda harus mengawasinya sebab kura-kura ambon ini sangat lihai dalam bersembunyi.