Cara Packing Kura-kura Darat untuk Dikirim ke Luar Kota

Bisnis jual beli kura-kura darat memang cukup marak dilakukan di Indonesia. Selama ada peminat, maka pasti akan terbentuk sebuah pasar bagi para penjual untuk memenuhi kebutuhan para pembeli tersebut. Apabila Anda tertarik, Anda juga bisa membuka usaha penjualan kura-kura darat. Sedikit bocoran saja, bisnis ini mempunyai peluang laba/keuntungan yang sangat besar loh. Akan tetapi, Anda wajib mengurus perizinannya terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga tidak boleh menjual kura-kura yang dilindungi.

Perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan para penjual kura-kura darat untuk menawarkan produknya kepada calon pembeli. Kalau zaman dahulu para penjual ini hanya bisa menawarkan kura-kura daratnya ke orang-orang yang datang ke pet shop-nya saja. Kini dunia sudah mengalamii perkembangan. Penjual ini dapat menawarkan kura-kura darat ke seluruh calon pembeli di Indonesia, bahkan luar negeri. Dengan meluasnya jangkauan pasar, maka secara otomatis keuntungannya pun semakin meningkat.

Pada saat menjual kura-kura darat secara online, Anda mungkin akan mendapatkan pembeli yang berasal dari luar kota. Mau tidak mau Anda pun harus mengirimkan kura-kura darat yang sudah dibayar melalui jasa pengiriman. Karena bila Anda mengirimkannya sendiri pasti akan sangat merepotkan dan memakan banyak biaya, kan? Sehingga di sini dibutuhkan kemampuan Anda dalam mengemas kura-kura darat ke dalam paket supaya tetap aman dan pastinya kura-kura yang ada di dalamnya tetap hidup.

Bagi Anda yang baru pertama kali mengirimkan kura-kura darat ke luar kota, berikut ini kami bagikan tata cara panduan untuk mengirimnya.

Pengiriman Hanya Bisa Satu Pulau

Biasanya sih pengiriman kura-kura ke luar kota hanya dapat dilakukan di dalam satu pulau saja. Misalnya Anda masih bisa mengirimkan kura-kura darat dari Jakarta ke Semarang karena kedua kota ini sama-sama berada di dalam Pulau Jawa. Sedangkan untuk pengiriman ke luar pulau tidak bisa dilakukan. Contohnya yaitu Anda ingin mengirimkan kura-kura darat dari Surabaya ke Denpasar, maka proses pengiriman ini tak bisa dilakukan melalui jalur pengiriman yang legal.

Uruslah Surat Karantina dari Dinas Pertanian

Kura-kura darat yang akan dikirimkan ke luar kota wajib dilengkapi dengan surat karantina dari Dinas Pertanian. Gampang banget kok mengurus surat yang satu ini. Anda tinggal menuju ke kantor Dinas Pertanian setempat yang ada di daerah Anda. Selanjutnya sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa ingin mengurus surat karantina. Tentunya kura-kura darat yang ingin diurus surat-suratnya harus dibawa ikut serta. Biar pembahasannya lebih lengkap, kami akan membuat artikel khusus mengenai panduan pengurusan surat karantina di Dinas Pertanian ini.

Gunakan Kurir yang Mendukung

Tidak semua layanan ekspedisi barang mendukung pengiriman hewan. Malahan cuma sedikit saja kurir pengiriman di Indonesia yang mau mengirimkan kura-kura. Layanan yang pasti menerima pengiriman kura-kura darat yaitu kereta api kargo. Anda bisa langsung datang ke stasiun yang memiliki fasilitas kargo sebab kenyataannya tidak semua stasiun mendukung kargo. Layanan kargo ini biasanya cuma ada di stasiun-stasiun besar di kota. Selain memakai kereta api kargo, kadang-kadang J*E dan T*KI juga bisa mengirimkan kura-kura. Hal ini kembali lagi dengan kebijakan kantor J*E/T*KI di daerah Anda.

Lakukan Packing dengan Benar

Ingat, kali ini Anda akan mengirimkan makhluk hidup sehingga pengemasannya harus dilakukan secara sempurna dan tidak boleh salah sedikit pun. Karena di sini nyawalah taruhannya. Kura-kura darat yang akan dikirimkan harus dikemas dengan tepat. Bukan tidak mungkin kesalahan dalam mengemas kura-kura tersebut akan mengakibatkannya mati. Kasihan sekali kan kalau kura-kura tersebut sampai mati? Oleh sebab itu, kami sengaja membuat video khusus tentang cara packing kura-kura darat yang benar. Anda bisa menonton dan mempelajarinya pada video di bawah ini.