Cara Packing Kura-kura untuk Dikirimkan

Bisnis jual beli kura-kura menawarkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Laba yang bisa didapatkan dari bisnis ini bahkan bisa mencapai lebih dari seratus persen. Namanya juga bisnis hobi, di mana semakin spesial produk yang kita miliki, maka harganya akan semakin tinggi. Bahkan beberapa jenis kura-kura mempunyai harga yang tidak wajar karena sangat mahal. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab pembelinya akan tetap ada, bahkan terus bertambah.

Selain menjual kura-kura secara offline di toko atau pasar, kini Anda pun dapat menjajakannya secara online. Tentunya target marketnya akan semakin luas dengan Anda menjual kura-kura tersebut di media online. Bahkan tidak menutup kemungkinan pembeli kura-kura tersebut berasal dari luar kota sampai luar pulau di Indonesia. Sehingga mau tidak mau Anda pun harus bisa membungkus kura-kura ini di packing yang benar supaya aman dikirimkan.

Lakukan Karantina Sebelum Dikirimkan

Karantina wajib dilakukan terhadap kura-kura yang akan dikirimkan. Tujuannya agar kura-kura tersebut merasa tenang sehingga bisa beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan barunya nanti. Proses karantina ini akan mendukung kondisi, kesehatan, dan stamina tubuh kura-kura. Anda bisa melakukan karantina dengan meletakkan kura-kura yang bersangkutan di kandang yang terpisah. Pastikan kura-kura tersebut merasa nyaman di dalamnya.

Berikan Makanan sampai Kenyang

Proses pengiriman kura-kura idealnya memakan waktu kurang dari 24 jam. Akan tetapi dalam kenyataannya, waktu pengiriman ini bisa terlambat hingga mencapai 2-3 hari. Tentu saja kasus semacam ini sangat berbahaya bagi keselamatan kura-kura yang ada di dalam paket. Kura-kura tersebut bisa mati akibat mengalami kelaparan maupun dehidrasi. Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, Anda perlu membekali kura-kura dengan makanan sampai dia benar-benar merasa kenyang.

Kenali Jenis Kura-kura yang Akan Dikirim

Seperti kita tahu, ada 3 jenis kura-kura menurut habitat alaminya yaitu kura-kura air, kura-kura semi-aquatic, dan kura-kura darat. Masing-masing dari jenis kura-kura tersebut harus dikemas sesuai karakteristiknya. Khusus untuk kura-kura jenis air dan semi-aquatic, Anda wajib memperhatikan baik-baik tingkat kelembaban di dalam packing. Jangan mengemas kura-kura ini di dalam kantung plastik yang berisi air. Melainkan Anda hanya perlu memastikan kondisi di dalam packing cukup lembab.

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan packing kura-kura, Anda bisa mengikut panduan selengkapnya sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Mangkuk plastik
  • Solder
  • Popok bayi (opsional)
  • Kertas tisu
  • Kertas koran
  • Kantung kain
  • Kardus
  • Lakban
  • Gunting
  • Spidol
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Siapkan mangkuk plastik yang dilengkapi dengan penutup. Kemudian buatlah lubang di seluruh bagian mangkuk tersebut secara acak. Anda bisa menggunakan solder listrik untuk melubangi mangkuk plastik ini.
  2. Ambil beberapa kertas tisu. Pastikan Anda menggunakan kertas yang tidak memiliki aroma. Buatlah gulungan-gulungan kecil dari kertas tisu ini. Letakkan gulungan kertas tisu ke dalam mangkuk plastik. Lalu tetesi dengan air agar kertas tisu menjadi basah.
  3. Khusus packing untuk kura-kura air dan semi-aquatic, Anda bisa menggunakan popok bayi (diapers) untuk membuat kondisi di dalam mangkuk plastik senantiasa basah. Anda hanya perlu membasahi popok ini terlebih dahulu,. Selanjutnya masukkan ke dalam mangkuk plastik.
  4. Masukkan kura-kura ke dalam mangkuk plastik tadi. Berikan beberapa pelet yang dibasahi sebagai bekal makanan selama di dalam perjalanan. Kemudian pasanglah tutup mangkuknya dengan rapat. Anda bisa memasang lakban di atas tutup tersebut supaya tidak terbuka di perjalanan.
  5. Masukkan potongan-potongan kertas koran ke dalam kantung kain. Disarankan memakai kantung yang berwarna gelap untuk mencegah kura-kura mengalami stres di tengah perjalanan. Setelah itu, masukkan mangkuk berisi kura-kura ke dalam kantung ini. Tambahkan lagi potongan-potongan kertas koran..
  6. Siapkan kardus yang telah diberi beberapa lubang udara. Masukkan kantung kain yang berisi kura-kura ke dalam kardus ini. Usahakan Anda menggunakan kardus yang ukurannya pas sesuai dimensi kantung yang telah berisi kura-kura. Hal ini berfungsi agar posisi mangkuk tersebut tetap stabil dan tidak bergoyang-goyang.
  7. Tutuplah kardus dengan baik. Pasanglah lakban di sekelilingnya untuk mengikat kardus supaya tetap tertutup rapat selama berada di perjalanan. Jangan lupa untuk memberi keterangan bahwa isi paket tersebut adalah kura-kura. Buat juga tanda bagian atas dan bawahnya agar posisi kardus tidak terbalik. Kini paket Anda pun telah siap untuk diantarakan ke ekspedisi.