Hati-hati! Inilah Predator Utama Bagi Kura-kura

Anda harus memperhatikan kondisi kura-kura yang dipelihara setiap hari. Pastikan kondisinya baik-baik saja. Sediakan tempat tinggal yang nyaman baginya. Sebisa mungkin buatlah kandang yang menyerupai habitat alaminya. Selain itu, keamanan kandang tersebut juga harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai kura-kura Anda diserang oleh predator yang dapat mengancam nyawanya. Faktanya memang ada begitu banyak predator utama bagi kura-kura.

Seperti kita tahu, kura-kura mempunyai tempurung yang sangat keras. Tempurung ini berfungsi sebagai perisai bagi kura-kura yang melindunginya dari ancaman marabahaya. Gerakannya yang sangat lambat membuat kura-kura tidak bisa menghindari serangan dari para predator. Satu-satunya jalan keluar ialah bersembunyi di balik tempurungnya yang keras sehingga predator tersebut tidak dapat menyerang atau memakannya. Ini merupakan mekanisme pertahanan alami kura-kura.

Namun bukan berarti kura-kura sudah benar-benar aman karena memiliki tempurung ya. Kenyataannya tidak sedikit predator yang lebih cerdik memutar otak untuk tetap memangsa kura-kura ini. Kura-kura sebenarnya belum 100% aman meskipun sudah mempunyai perisai alami berupa tempurung. Jadi sebagai penghobi, Anda harus menjamin keamanan semua kura-kura yang Anda pelihara. Di bawah ini predator kura-kura yang wajib Anda waspadai keberadaannya!

TIKUS

Binatang pertama yang harus Anda waspadai kebaradaannya ketika memelihara kura-kura adalah tikus. Hewan pengerat ini sangat berbahaya bagi kura-kura. Tikus bisa menyerang kura-kura Anda kapan saja. Bahkan tak segan-segan tikus akan memakan kura-kura kesayangan Anda. Apalagi jika kura-kura Anda masih berukuran kecil pasti tikus-tikus bakal mengincarnya. Untuk mencegah serangan tikus, letakkan kandang kura-kura di ruangan khusus yang tertutup, di mana tak ada tikus yang bisa memasukinya.

KUCING

Anda juga wajib waspada terhadap semua kucing yang ada di rumah. Di balik kelembutannya, kucing ternyata merupakan predator yang sangat berbahaya bagi kura-kura. Binatang ini tidak segan-segan menyerang kura-kura Anda, terutama bila ukurannya masih kecil. Untuk kucing rumahan biasanya dapat dilatih agar tidak menyerang kura-kura dengan sering mengajak mereka bermain bersama. Tapi untuk kucing liar, Anda tidak kuasa melatihnya. Jadi berhati-hatilah.

ANJING

Sama seperti kucing, anjing pun dapat menyerang kura-kura kapan saja. Apalagi anjing liar yang sedang merasa lapar. Ketika melihat kura-kura, anjing tersebut akan menganggapnya sebagai mangsa sehingga mengejar, menyerang, lalu memakannya. Oleh sebab itu, Anda harus terus mengawasi kura-kura kalau sedang melepaskannya di lingkungan outdoor. Jangan biarkan kura-kura tersebut luput dari pengawasan Anda. Sebaiknya lepaskan kura-kura Anda di halaman yang dikelilingi pagar yang aman.

SEMUT

Walaupun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan kura-kura, tapi Anda tak boleh menyepelekan semut. Karena serangga yang satu ini bukan tidak mungkin menyerang kura-kura. Semut umumnya menyerang kura-kura secara bergerombol. Kura-kura Anda bahkan bisa sampai mati apabila diserang oleh kawanan semut ini. Biasanya sih semut ini menyerang kura-kura apabila kondisi kandangnya sangat kotor. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga kebersihan kandangnya supaya tidak menarik perhatian semut.

ULAR

Binatang lainnya yang harus Anda waspadai saat memelihara kura-kura sebab bisa menjadi predatornya yaitu ular. Hewan melata ini memang hanya mau memakan daging-dagingan saja. Kalau terpaksa, kura-kura yang ada di bawah peliharaan Anda bisa diserang olehnya. Mungkin ular tersebut akan kesulitan memakan kura-kura sebab terlindungi oleh tempurung. Tapi sayangnya kura-kura Anda sudah terlanjur mati akibat serangan ular.

Predator di Alam Liar

Beberapa jenis predator kura-kura di alam liar di antaranya :

  • Bangau
  • Gagak
  • Rakun
  • Serigala
  • Anjing hutan
  • Musang
  • Sigung
  • Opossum
  • Buaya
  • Aligator
  • serta ikan-ikan predator