Ini Cara yang Benar dalam Menjemur Kura-kura

Jadi Anda sekarang sudah memelihara kura-kura ya? Kura-kura memang binatang peliharaan yang sangat unik, lucu, dan menggemaskan. Supaya kura-kura yang Anda pelihara senantiasa sehat dan tumbuh secara normal, Anda harus merawatnya dengan baik. Ada cukup banyak pekerjaan yang perlu dilakukan dalam merawat kura-kura. Salah satunya yaitu menjemurnya di bawah sinar matahari. Hal ini begitu penting untuk dilakukan setiap hari.

Sebagai binatang reptil, kura-kura tergolong sebagai binatang berdarah dingin. Ini artinya kura-kura tidak mampu menyesuaikan suhu tubuhnya sendiri sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Kura-kura membutuhkan rangsangan tertentu agar tetap bisa merasa hangat. Inilah tujuan utamanya menjemur kura-kura. Suhu tubuh kura-kura peliharaan Anda akan menjadi hangat setelah dijemur beberapa saat. Alhasil, dia pun akan merasa nyaman.

Menjemur kura-kura harus dilakukan dengan tepat. Sebab kalau Anda keliru dalam menjemur kura-kura tersebut, maka bukan tidak mungkin kura-kura Anda bisa mati secara mendadak karena kepanasan. Kasus ini sudah banyak menimpa para penghobi kura-kura karena teledor saat menjemur hewan peliharaannya. Anda harus waspada terhadap kemungkinan fatal ini. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengikuti petunjuk menjemur kura-kura di bawah ini.

Menentukan Waktu yang Tepat

Kura-kura tidak boleh dijemur di sembarang waktu. Ada waktu yang paling tepat untuk menjemur kura-kura. Namun ada pula waktu yang sangat berbahaya bagi kura-kura. Sebaiknya kura-kura hanya dijemur pada pagi hari sekitar pukul 7-8 pagi. Ini merupakan waktu yang tepat mengingat sinar matahari masih terasa hangat pada durasi waktu tersebut. Jemurlah kura-kura ini selama 15-20 menit. Jangan pernah sekali pun menjemur kura-kura pada siang hari, terutama sekitar pukul 11-13 karena sinar matahari terasa sangat panas.

Memandikan Kura-kura

Sebelum kura-kura dijemur di bawah sinar matahari, ada baiknya Anda memandikannya terlebih dahulu. Kura-kura juga perlu dimandikan secara rutin agar tetap bersih serta bebas dari kuman danbakteri. Cara memandikan kura-kura yaitu Anda bisa memulainya dengan menyiramkan air bersih ke tubuhnya. Kemudian oleskan pasta gigi secukupnya di bagian karapas. Setelah itu dilanjutkan dengan menyikati tempurung kura-kura. Sikatlah cukup pada permukaan tempurungnya saja. Biarkan kura-kura ini beberapa saat. Lalu bilas sampai bersih.

Merendam di Air Hangat

Selesai dimandikan, kura-kura bisa direndam di air hangat. Tujuannya untuk menghangatkan tubuh kura-kura sehingga dia akan merasa nyaman. Sebelumnya Anda perlu menyiapkan air hangat yang akan dipakai untuk berendam. Gunakan air yang suhunya hangat-hangat kaku. Letakkan kura-kura di bak yang bersih. Lalu tuangkan air hingga sebatas plastron (tempurung bagian bawah). Biarkan kura-kura tersebut berendam di air hangat selama 10-15 menit. Biasanya kura-kura yang direndam akan mengeluarkan kotorannya.

Memilih Lokasi yang Pas

Setelah selesai berendam, kini waktunya bagi Anda untuk menjemur kura-kura tersebut. Ada baiknya kura-kura Anda dijemur di dalam bak yang berisi air. Hal ini dimaksudkan untuk mencegahnya mengalami dehidrasi . Siapkan bak yang cukup besar dan tinggi. Masukkan kura-kura Anda ke dalam bak tersebut. Tuangkan air ke bak hingga sebatas plastron. Kali ini Anda bisa memakai air yang suhunya normal. Selanjutnya letakkan bak berisi kura-kura ini di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari.

Usahakan sinar matahari tidak menimpa seluruh bagian bak. Bagian bak yang terkena sinar matahari cukup setengah bagian saja. Sedangkan setengah bagian lagi sisanya harus teduh dan terhindar dari sinar matahari. Anda bisa mengatur penempatan bak tersebut agar mendapatkan posisi seperti ini. Nantinya kura-kura dapat menentukan sendiri saat dia ingin berjemur di kehangatan sinar matahari. Lalu setelah merasa cukup, kura-kura tersebut akan berjalan ke tempat yang teduh.