Nih, Cara Memberi Makan Kura-kura Ambon Kecil!

Bila Anda tertarik untuk memelihara kura-kura, kami sarankan mulailah dengan merawat kura-kura ambon. Mengapa? Sebab kura-kura ambon termasuk salah satu spesies kura-kura yang mudah dirawat. Anda tidak membutuhkan peralatan yang rumit ketika memeliharanya. Kura-kura ini juga memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik sehingga kami jamin Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam merawat kura-kura ambon.

Di pasar, harga kura-kura ambon anakan terbilang cukup terjangkau. Anda sudah bisa membeli seekor kura-kura ambon kecil dengan uang senilai Rp 50-80 ribu. Harga ini untuk kura-kura ambon yang normal. Karena untuk kura-kura ambon albino, harganya bisa mencapai Rp 3 juta. Apalagi untuk kura-kura albino pink yang memiliki mata berwarna merah, harganya bisa lebih mahal lagi. Sebagai pemula, Anda bisa memulainya dengan membeli kura-kura ambon yang biasa dulu.

Kunci dasar merawat kura-kura terletak pada makanannya. Selama kura-kura mau makan pasti dia akan tetap hidup dan tambah besar. Apalagi jika nafsu makannya tinggi, kura-kura tersebut pasti kondisinya benar-benar sehat. Namun sebagai pemula, kami menyadari Anda mungkin sedikit bingung dalam memberikan pakan kepada kura-kura ambon. Terlebih kalau ukurannya masih bayi. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberi petunjuknya kepada Anda.

Apa Makanan Kura-kura Ambon Kecil?

Kura-kura ambon merupakan binatang omnivora. Artinya dia memakan tumbuh-tumbuhan dan daging-dagingan. Tetapi saat ukurannya masih bayi, kura-kura ambon lebih suka makan daging daripada sayur-sayuran. Beberapa makanan yang bisa Anda berikan di antaranya udang, ikan, cumi-cumi, cacing beku, cacing darah, ulat hongkong, dan jangkrik. Anda perlu memotong pakan ini menjadi ukuran kecil terlebih dahulu sebelum diberikan agar kura-kura lebih mudah memakannya. Jangan beri pelet dulu ke kura-kura ambon ini ya sebab Anda masih harus melatihnya supaya mau memakan pelet.

Bagaimana Cara Memberi Makan ke Kura-kura Ambon?

Anda harus mengetahui bahwa kura-kura ambon termasuk kura-kura semi-aquatic. Kura-kura ini mampu bertahan hidup di daratan dan perairan. Anda harus menyediakan kedua area ini di dalam kandangnya supaya pertumbuhannya normal. Khusus pada waktu makan, kura-kura ambon sebaiknya berada di air. Karena air dapat membantunya menelan bahan makanan. Setelah pakan yang hendak diberikan sudah dipotong-potong, selanjutnya Anda masukkan pakan ini ke kolam tempat tinggal kura-kura ambon. Biarkan kura-kura mendekati sendiri dan memakan pakan tersebut.

Berapa Kali Kura-kura Ambon Makan dalam Sehari?

Semua binatang reptil pada hakikatnya mempunyai kebiasaan yaitu mengonsumsi makanan tidak terlampau sering. Di habitat alaminya, kura-kura bahkan bisa bertahan hidup meskipun tidak makan selama lebih dari sebulan. Tapi Anda harus dapat membedakan antara kura-kura yang hidup di alam liar dan kura-kura peliharaan Anda sendiri. Karena kura-kura ambon tersebut merupakan hewan peliharaan, maka Anda bertanggung jawab memberinya makanan. Kami sarankan berikan pakan sebanyak 3 kali per hari dengan porsi yang cukup. Berikan pakan sedikit demi sedikit, lalu hentikan setelah kura-kura tampak kenyang dan tidak mau makan lagi.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kura-kura Ambon Tidak Mau Makan?

Kadang-kadang kura-kura ambon mengalami penurunan pada nafsu makannya. Hal ini terlihat dari gerak-gerik kura-kura tersebut yang tampak malas mendekati makanan serta ogah-ogahan memakannya. Bahkan dalam kasus yang parah, kura-kura bisa tidak mau makan sama sekali. Tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu mencari penyebab utamanya terlebih dahulu. Cobalah berikan terapi dengan merendamnya di air hangat dan menjemurnya. Anda bisa mencoba memberikan udang kupas yang notabene sangat disukai kura-kura ambon.