Panduan Memandikan Kura-kura Aldabra untuk Pemula

Saat ini kura-kura aldabra memegang rekor sebagai kura-kura yang paling mahal di dunia. Harga normal kura-kura ini berkisar antara Rp 25-30 juta/ekor untuk aldabra yang baru menetas dari telurnya. Tetapi sebenarnya masih ada spesies kura-kura lain yang harganya lebih mahal lagi yaitu kura-kura gallapagos. Sayangnya kura-kura gallapagos kini sudah dilarang untuk diperdagangkan. Jadi kura-kura aldabra pun lantas menjadi kura-kura termahal di dunia.

Sebagai binatang yang harganya mahal, sudah sepatutnya kura-kura aldabra mendapatkan perawatan yang istimewa. Anda harus memperlakukan kura-kura ini dengan sangat spesial. Ada berbagai bentuk perawatan yang perlu diberikan terhadap kura-kura aldabra. Salah satunya yaitu memandikannya secara rutin. Yap, kura-kura memang perlu dimandikan agar tubuhnya menjadi bersih. Termasuk untuk kura-kura jenis aldabra ini pun wajib Anda mandikan secara berkala.

Bagaimana cara memandikan kura-kura aldabra yang benar? Yuk, ikuti langkah-langkah dari Kuranesia di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Sikat gigi
  • Sabun khusus
  • Handuk
  • Air
  • Air hangat
  • Baskom

Langkah-langkah :

  1. Angkat kura-kura aldabra dari kandangnya. Peganglah kura-kura ini menggunakan kedua tangan Anda. Pegang dengan erat supaya tidak berisiko terjatuh. Silakan pelajari bagaimana caranya memegang dan mengangkat kura-kura yang benar agar tidak menyakitinya.
  2. Sirami tubuh kura-kura aldabra dengan air. Lalu oleskan sabun pembersih khusus untuk kura-kura pada permukaan tempurung aldabra tadi, baik bagian karapas maupun plastron. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan pasta gigi putih.
  3. Sikatilah seluruh permukaan tempurung kura-kura aldabra menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Ingat, bagian yang disikai cukup pada tempurungnya saja. Sikatilah tempurung kura-kura ini dengan gerakan yang lembut dan berulang-ulang sampai bersih.
  4. Setelah tempurung bagian atas (karapas) kura-kura aldabra sudah selesai dibersihkan, kemudian Anda bisa berlanjut menyikati tempurung bagian bawahnya (plastron). Peganglah kura-kura ini memakai tangan kiri Anda. Sedangkan tangan kanan menyikati kura-kura.
  5. Biarkan sejenak kura-kura aldabra yang baru saja dibersihkan tersebut agar sabunnya bekerja semakin keras dalam membersihkan tubuh kura-kura. Setelah itu, Anda dapat membilas seluruh tubuh kura-kura memakai air mengalir sampai bersih.
  6. Kura-kura aldabra yang baru saja dimandikan selanjutnya bisa Anda rendam di dalam baskom yang berisi air hangat. Gunakan air hangat-hangat kuku. Tuangkan air hangat ke dalam baskom sampai merendam separuh tinggi badan si kura-kura aldabra. Ingat, aldabra merupakan kura-kura darat sehingga tidak bisa berenang.
  7. Perendaman di air hangat akan membuat kura-kura aldabra merasa lebih tenang. Perendaman ini juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan kura-kura. Lumrahnya kura-kura darat yang sedang direndam juga akan mengeluarkan kotoran. Rendamlah selama 20-30 menit.
  8. Setelah selesai direndam, Anda bisa melepaskan kura-kura ini di pekarangan. Biarkan kura-kura aldabra tersebut bermain-main sejenak sebelum dikembalikan ke kandang. Jangan lupa tutup bagian atas tempurungnya memakai handuk yang basah untuk menjaga kelembabannya.

Jadi, selamat mencoba!