Penyebab Kura-kura Lebih Sering Berada di Daratan, Mengapa Begitu?

Kali ini khususnya kami akan membahas seputar kura-kura semi-aquatic yang notabene memang biasa hidup di perairan dan daratan. Contohnya seperti kura-kura brazil, kura-kura ambon, kura-kura ocadia, kura-kura MSE, kura-kura pipi putih, kura-kura dada merah, dan masih banyak lagi. Ini merupakan suatu kondisi yang normal apabila kura-kura semi-aquatic tersebut berada di perairan ataupun perairan. Anda tidak perlu bingung jika kura-kura Anda menunjukkan perilaku seperti itu.

Tapi bagi para penghobi kura-kura pemula biasanya bakal merasa takut atau cemas ketika melihat kura-kura peliharaannya tidak menunjukkan perilaku seperti apa yang ada di benaknya. Namun disadari atau tidak memang kadang-kadang sikap kura-kura yang lebih senang berada di daratan ataupun sebaliknya ini sering menandakan kondisi yang tidak baik. Jadi Anda harus selalu bersikap waspada apabila melihat kura-kura peliharaan Anda memperlihatkan suatu sikap yang aneh dan tidak biasa.

Apakah kura-kura Anda terlihat lebih sering berada di daratan dibandingkan wilayah perairan? Kalau iya, di bawah ini merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku tersebut, antara lain :

  1. Memang Sedang Ingin Bersantai

Ini merupakan suatu kewajaran yang sering kali dilakukan oleh kura-kura tipe semi-aquatic. Dia memang kerap memilih berada di daratan ketimbang perairan. Tujuannya tidak lain yaitu untuk bersantai. Di darat, kura-kura bisa tiduran dengan tenang tanpa harus terus-menerus berenang. Kalau kura-kura tampak mengeluarkan kaki-kaki dan meregangkannya secara lurus, maka dapat disimpulkan bahwa kura-kura tersebut memang sedang bersantai di daratan.

  1. Temperatur Airnya Terlalu Dingin

Suhu air biasanya lebih mudah menjadi dingin daripada suhu udara di daratan. Sehingga ketika kura-kura merasa wilayah perairannya terlalu dingin, dia pun bakalan naik ke daratan serta tetap berada di sana dalam waktu yang lama. Anda bisa mengecek sendiri suhu air tersebut memakai termometer. Adapun rentang suhu air yang ideal untuk kura-kura ada di kisaran 28-32 derajat celsius. Tambahkan air hangat atau pasang lampu ultraviolet untuk menjaga suhu airnya.

  1. Kondisi Airnya yang Terlalu Kotor

Jangan menganggap kalau kura-kura merupakan binatang yang kotor. Bahkan beberapa spesies kura-kura tidak mampu bertahan hidup di lingkungan air yang tercemar loh. Maka sepatutnya Anda menjaga kondisi air di kandang kura-kura setiap saat dengan cara membersihkan kandang, mengganti air, dan menguras air tersebut. Kura-kura biasanya akan menghindari air yang kotor. Dia akan memilih berada di daratan apabila kondisi air di kandangnya sudah tercemar.

  1. Kura-kura Sedang Tidak Fit/Sakit

Kura-kura yang kondisinya sedang tidak sehat juga umumnya akan menjauhi perairan. Dia bakal lebih senang berada di area darat serta menghindari wilayah perairan untuk sementara waktu. Kura-kura tersebut sepertinya sedang tidak mempunyai cukup tenaga untuk berenang sehingga lebih memilih berdiam diri di daratan. Anda harus waspada jika kura-kura terlihat seperti ini ya. Segera berikan pertolongan pertama yang tepat untuk menyembuhkan kura-kura tersebut.

  1. Suasana Daratan Lebih Nyaman

Ada lagi yang membuat kura-kura lebih tertarik berada di daratan daripada berenang bebas di perairan. Alasannya adalah kondisi daratan terasa lebih nyaman dibandingkan wilayah yang ada airnya. Misalnya area daratan di kandang tersebut lebih luas, ada lampu UV yang menyinarinya, tersedianya pakan yang enak, atau ada pengganggu di air. Sehingga kura-kura tadi hanya akan masuk ke perairan untuk menyegarkan diri saja. Kemudian lanjut kembali lagi ke daratan karena lebih nyaman.