Penyebab Sembelit Pada Kura-kura, Pencegahan dan Pengobatannya

Sembelit dapat diartikan sebagai susah buang air besar. Bukan cuma manusia saja, tetapi kura-kura pun kenyataannya bisa mengalami sembelit. Kasus ini umumnya terjadi apabila kura-kura Anda mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Sembelit ini mengakibatkan kura-kura kesulitan dalam melakukan aktivitas BAB atau bahkan tidak mampu sama sekali. Sehingga kendati Anda memberikannya makanan, kura-kura tadi tetap tidak melakukan buang air besar dalam waktu yang cukup lama.

Seringnya buang air besar pada kura-kura tergantung dari seringnya pemberian pakan serta jenis pakan yang dimakan oleh kura-kura tersebut. Normalnya ialah kura-kura akan buang air besar sebanyak sekali dalam sehari. Jadi manakala terlihat kura-kura Anda tidak melakukan aktivitas BAB selama kurun waktu 3-5 hari berturut-turut tergantung usia dan posturnya, maka kemungkinan besar dia sedang mengalami masalah sembelit. Penanganan dini secara tepat sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisinya.

Adapun ciri-ciri kura-kura yang mengalami sembelit yaitu :

  • Kura-kura tidak buang air besar dalam waktu yang cukup lama biasanya sekitar 3-5 hari
  • Kura-kura menendang-nendang ekornya dengan kaki belakang tapi tidak ada gerakan perut beberapa saat
  • Kura-kura mengalami masalah umum pada kesehatannya dan berkurangnya nafsu makan

PENCEGAHAN

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum kura-kura kesayangan Anda benar-benar terjangkit masalah sembelit, Anda harus melakukan upaya pencegahan dengan baik. Caranya adalah Anda harus memberikan makanan yang bervariasi. Jangan selalu memberikan makanan yang sama setiap hari. Pilih makanan yang beraneka ragam untuk kura-kura tersebut, baik berupaya sayur-sayuran, buah-buahan, daging-dagingan, maupun pelet. Pastikan kebutuhan serat pakan pada kura-kura tersebut terpenuhi dengan baik. Pastikan pula Anda memilih pakan yang berkualitas tinggi.

Misalnya ketika Anda ingin memberikan makanan ke kura-kura brazil, maka sebaiknya Anda memilihkan makanan yang variatif untuknya. Kami biasanya mengombinasikan antara pelet dan sayuran pada suatu kesempatan. Jangan lupa untuk mengiris sayurannya terlebih dulu supaya kura-kura brazil lebih mudah memakannya. Kemudian pada kesempatan yang lain, Anda bisa memberikan buah pisang atau pepaya yang telah dipotong-potong. Anda juga bisa memberikan ikan dan daging ayam untuk kesempatan yang lainnya lagi. Pokoknya berikan makanan yang bermacam-macam agar kura-kura tidak sembelit.

PENGOBATAN

Bagaimana caranya mengobati kura-kura yang sudah terlanjur mengalami sembelit? Pengobatan kasus sembelit ini sebenarnya tidak terlalu sulit kok. Anda dapat mengatasinya dengan terapi air hangat. Jadi kura-kura yang sedang terkena sembelit bisa Anda rendam di air hangat beberapa kali sampai dia pun berhasil melakukan BAB. Gunakan air yang hangat-hangat kuku seperti Anda sedang ingin memandikan seorang bayi ya. Air hangat ini terbukti sangat ampuh untuk mengembalikan kondisi sistem pencernaan kura-kura dan perutnya sehingga mampu melakukan buang air besar dengan baik.

Berikut ini cara merendam kura-kura di dalam air hangat yang tepat!

  1. Siapkan air hangat secukupnya sesuai dengan postur kura-kura yang hendak direndam.
  2. Masukkan kura-kura ke dalam baskom/ember plastik.
  3. Tuangkan air hangat ke baskom/ember sampai memenuhi setengah dari tinggi kura-kura.
  4. Biarkan kura-kura berendam air hangat selama 20-30 menit.
  5. Apabila kura-kura belum melakukan BAB, Anda bisa mengulanginya sekali lagi.