Perbedaan Kura-kura, Bulus, Labi-labi, dan Penyu

Kura-kura adalah binatang yang memiliki tempurung. Tempurung ini sendiri berguna sebagai pelindung bagi kura-kura tatkala dalam kondisi yang berbahaya. Kura-kura akan memasukkan tubuhnya ke dalam tempurung ketika dia merasa terancam. Dengan struktur yang keras serta kokoh, tempurung tersebut sangat efektif melindungi tubuh kura-kura. Tapi tahukah Anda kalau ternyata tidak cuma kura-kura saja loh binatang yang mempunyai tempurung. Masih ada binatang lain yang memiliki tempurung.

Selain kura-kura, binatang lain yang juga mempunyai tempurung antara lain bulus, labi-labi, dan penyu. Sebenarnya antara bulus dan labi-labi merujuk pada hewan yang sama. Kata bulus adalah sebutan untuk labi-labi dalam bahasa jawa. Sedangkan penyu berbeda dari kura-kura dan labi-labi. Penyu merupakan kura-kura yang hidup di perairan laut. Penyu hidup di seluruh samudera di dunia dan melakukan migrasi secara berkala. Sebagaimana kura-kura dan labi-labi, penyu juga mempunyai tempurung.

KURA-KURA

Kura-kura mencakup semua binatang yang termasuk di dalam ordo Testudinata, khususnya subordo Cryptodira dan Pleurodira. Jadi labi-labi dan penyu juga masih tergolong salah satu jenis kura-kura. Pada kenyataannya, kura-kura dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu kura-kura darat, kura-kura air, dan kura-kura semi-aquatic. Baik labi-labi maupun penyu sama-sama merupakan kura-kura jenis full-aquatic. Kura-kura jenis ini sepenuhnya hidup di dalam perairan.

Contoh kura-kura darat antara lain :

  1. Kura-kura gallapagos
  2. Kura-kura aldabra
  3. Kura-kura sulcata
  4. Kura-kura radiatta
  5. Kura-kura emy

Contoh kura-kura air antara lain :

  1. Labi-labi moncong babi
  2. Labi-labi pelodiscus
  3. Labi-labi amyda
  4. Labi-labi hutan
  5. Labi-labi rote

Contoh kura-kura semi-aquatic antara lain :

  1. Kura-kura brazil
  2. Kura-kura ambon
  3. Kura-kura daun
  4. Kura-kura dada merah
  5. Kura-kura pipi putih

LABI-LABI

Labi-labi adalah kura-kura dari famili Trionychidae. Labi-labi merupakan kura-kura air tawar. Istilah labi-labi ini tidak merujuk ke spesies kura-kura tertentu. Jadi semua kura-kura full-aquatic bisa disebut sebagai labi-labi. Ciri-ciri khas labi-labi yaitu mempunyai tempurung yang teksturnya lunak. Kondisi tempurung ini berbeda sekali dengan tempurung kura-kura darat ataupun kura-kura semi-aquatic yang  memiliki struktur yang keras dan kaku. Tempurung yang lunak ini memudahkannya berenang di air dengan cepat.

Contoh labi-labi antara lain :

  1. Labi-labi moncong babi
  2. Labi-labi pelodiscus
  3. Labi-labi amyda
  4. Labi-labi hutan
  5. Labi-labi rote

PENYU

Penyu adalah kura-kura laut (sea turtles). Penyu tergolong dalam ordo Testudinata, subordo Cryptodira, dan superfamili Chelonioidea. Sebagai kura-kura yang sepenuhnya hidup di air, penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung. Kaki ini memberinya ketangkasan berenang di dalam air laut. Saat ini, semua spesies penyu dinyatakan ke dalam kelompok hampir punah. Sehingga semua orang dilarang untuk memiliki, memelihara, atau bahkan memperjualbelikan penyu ini.

Contoh penyu antara lain :

  1. Penyu hijau
  2. Penyu belimbing
  3. Penyu tempayan
  4. Penyu sisik
  5. Penyu pipih
  6. Penyu lekang
  7. Penyu kemps ridley