Rekomendasi Kura-kura Murah yang Cocok Dipelihara untuk Pemula!

Bagi Anda yang tertarik untuk mempunyai kura-kura peliharaan sendiri, kami harap Anda setuju apabila kami memanggil Anda dengan sebutan pemula. Di sini kami ingin berbagi mengenai kura-kura apa saja yang cocok dipelihara oleh para pemula seperti Anda. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui lebih dahulu bahwasanya terdapat aneka ragam kura-kura di dunia. Menariknya ialah setiap spesies kura-kura mempunyai karakteristik yang unik dan kadang-kadang bertentangan dengan kura-kura lainnya.

Jadi ketika Anda hendak membeli kura-kura, maka Anda wajib mempelajari tentang kura-kura tersebut terlebih dahulu. Khusus untuk para pemula seperti Anda, kami mempunyai beberapa saran kura-kura yang paling cocok untuk dipelihara. Alasan kami merekomendasikan kura-kura ini sebab mudah dirawat, banyak ditemukan di Indonesia, memiliki daya tahan yang tinggi, dan gampang memberinya makanan. Selain itu, harga kura-kura ini juga cukup murah sehingga Anda tidak perlu menguras isi dompet.

Adapun spesies kura-kura murah yang kami rasa cocok dipelihara oleh para pemula seperti Anda, antara lain :

Kura-kura Ambon (Cuora amboinensis)

Di antara berbagai jenis kura-kura di muka bumi ini, menurut kami spesies kura-kura yang paling mudah untuk dipelihara adalah kura-kura ambon (Cuora amboinensis). Disebut sebagai kura-kura ambon sebab kura-kura ini memang berasal dari Pulau Maluku, Indonesia. Meskipun kura-kura ini cukup pemalu, tapi kura-kura ambon mempunyai daya tahan yang tinggi. Kura-kura ini juga gampang beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selain itu, kura-kura ambon juga merupakan binatang omnivora. Jadi Anda dapat memberinya berbagai jenis bahan makanan, baik sayuran maupun daging-dagingan.

Labi-labi Pelodiscus (Pelodiscus sinensis)

Pelodiscus sinensis sebenarnya merupakan labi-labi yang bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari China. Tetapi sekarang populasinya sudah banyak sekali di sini. Oleh sebab itulah, labi-labi pelodiscus ini masih boleh diperjualbelikan dengan bebas sampai sekarang. Labi-labi pelo memiliki daya tahan tubuh yang sangat tinggi. Dia juga mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sehingga Anda tidak bakal mengalami kesulitan saat memelihara labi-labi ini. Walau pelodiscus merupakan kura-kura full-aquatic, namun Anda tetap harus memasang basking atau jangan mengisi air terlalu dalam.

Labi-labi Amyda (Amyda cartilaginea)

Inilah dia salah satu labi-labi yang menjadi penduduk asli Indonesia. Namanya adalah labi-labi amyda. Habitat alaminya berada di perairan tawar, mulai dari sungai, danau, waduk, hingga sawah. Si amyda ini merupakan binatang karnivora. Jadi Anda hanya boleh memberinya makanan berupa daging-dagingan saja. Contohnya ialah ikan, daging ayam, telur, cacing, ulat, jangkrik, dan udang. Anda bisa menaruh labi-labi amyda di dalam akuarium supaya kelihatan menarik. Jangan lupa tambahkan lapisan pasir di bawah sebagai tempat persembunyiannya. Dia pasti akan merasa senang sekali.

Kura-kura Brazil (Trachemys scripta-elegans)

Kura-kura brazil mendapatkan julukan sebagai kura-kura sejuta umat. Hal ini dikarenakan hampir semua penghobi kura-kura memelihara kura-kura brazil, baik itu kura-kura yang normal maupun kura-kura yang mempunyai keistimewaan khusus. Kura-kura brazil memang berasal dari Amerika Selatan, akan tetapi populasinya di Indonesia terbilang sangat banyak. Kura-kura ini bisa beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan barunya. Perawatannya juga cukup mudah kok. Tetapi kami sarankan belilah kura-kura brazil yang sudah dewasa karena perawatannya jauh lebih mudah daripada baby kura-kura brazil.

Kura-kura Dada Merah (Emydura subglobosa)

Kura-kura dada merah juga masih termasuk kura-kura asli Indonesia. Dinamakan demikian karena kura-kura ini mempunyai tempurung bawah (plastron) yang berwarna merah. Bahkan dengan perawatan baik ke kura-kura dada merah, dia akan mempunyai warna dada yang merah merona loh. Kura-kura ini juga cocok dipelihara oleh para pemula sebab kemudahan dalam merawatnya. Cara merawat kura-kura dada merah ini tak berbeda jauh dengan kura-kura ambon maupun kura-kura brazil. Anda bisa meletakkannya di kolam atau akuarium. Pasti akan terlihat menarik dan menggemaskan sekali.