Tempurung Kura-kura Mengelupas, Apa Penyebabnya?

Fungsi tempurung bagi kura-kura begitu penting. Tempurung ibaratnya perisai bagi kura-kura. Ini merupakan bagian paling keras yang dimiliki kura-kura yang berfungsi sebagai pelindung. Ketika merasa terancam, kura-kura akan menyembunyikan kepala, kaki, dan ekornya ke dalam tempurung sehingga akan tetap aman. Oleh sebab itu, kura-kura membutuhkan tempurung. Kura-kura akan menjadi lemah apabila tempurungnya rusak atau terluka.

Bagi penghobi, tempurung kura-kura juga begitu penting. Salah satu faktor yang menentukan keindahan kura-kura terletak pada tempurungnya. Kura-kura yang indah memiliki tempurung yang terawat dengan baik. Rupa tempurung tersebut sangat menarik, bersih, warnanya cerah, dan bebas dari lumut. Jadi tidak heran saat Anda melihat tempurung kura-kura mengelupas, Anda pun merasa cemas bukan main. Kira-kira penyebabnya apa?

Di bawah ini faktor-faktor yang menyebabkan tempurung kura-kura mengelupas, antara lain :

Kura-kura sedang Ganti Kulit

Sudah menjadi suatu kewajaran bagi reptil seperti kura-kura untuk melakukan molting (ganti kulit) di kehidupannya. Ini merupakan siklus hidup yang dijalani oleh kura-kura. Tujuannya untuk memperbaharui sel-sel di tubuhnya sehingga dia menjadi lebih kuat. Ketika sedang molting, kura-kura tidak hanya mengganti kulit kaki-kakinya saja, tetapi juga tempurungnya. Ada banyak bagian dari tempurung ini yang mengelupas sedikit demi sedikit. Anda tak perlu khawatir sebab kondisi ini normal terjadi.

Terkena Benturan Benda Berat

Kura-kura sebaiknya diletakkan di tempat yang nyaman, di mana tak ada benda-benda yang berbahaya baginya. Sebab walaupun kokoh, tempurung kura-kura bersifat keras. Hal ini membuatnya getas yaitu mudah retak apabila terkena benturan benda secara kuat. Bukan tidak mungkin kura-kura yang bergerak aktif tiba-tiba menabrak suatu benda sehingga mengakibatkan benda tersebut terjatuh. Akibatnya yaitu benda ini menimpa tempurung kura-kura dan menimbulkan luka.

Anda Menyikat Terlalu Kasar

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tempurung kura-kura berwarna cerah. Sebagai contoh, Anda bisa memandikan kura-kura setiap hari. Saat memandikan kura-kura, gunakan sikat gigi yang lembut untuk menggosok tempurungnya. Hati-hati saat menyikat tempurung kura-kura, terutama jika usianya masih kecil. Sebab apabila Anda menyikatinya terlalu kasar, tempurung ini bisa terkelupas. Anda bisa mencoba mengobatinya menggunakan obat merah.