Udang Hias Air Tawar Yang Cocok Untuk Aquascape

Membahas aquascape memang tidak ada habisnya, sebab aquascape merupakan hobi yang tidak ada batasan. Karna dalam aquascape kita memang menyalurkan sebuah seni ataupun kecintaan kita terhadap sebuah keindahan bawah air yang dapat kita ciptakan di dalam sebuah aquarium. Dimana kita mendekorasi aquarium dengan berbagai ornamen serta tanaman hidup yang akan menghasilkan ekosistem buatan yang indah untuk di lihat.

Dalam aquascape sebenarnya kita  dapat menambahkan berbagai  mahluk seperti ikan untuk melengkapi aquascape kita menjadi sebuah ekositem yang lebih hidup. Selain ikan ternyata kita juga dapat menambahkan udang hias, tentu saja udang hias yang dapat kita masukkan kedalam aquascape adalah jenis udang yang ramah dengan lingkungan tidak merusak tanaman dan juga dapat hidup berdampingan dengan hewan lainnya.

Karna pada aquascape pasti akan lebih bagus jika memiliki beberapa jenis mahluk hidup di dalamnya. Selain ikan dan tanaman mungkin kita bisa menambahkan udang hias kedalam aquascape agar terlihat lebih berwarna. Selain itu udang  juga bisa sebagai pemakan lumut, kita akan mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu sebagai hiasan dan juga sebagai pembersih lumut.

Udang hias memiliki bentuk yang sama dengan udang pada umumnya, yang membedakannya dengan udang yang biasah kita konsumsi adalah udang hias memiliki berbagai warna cerah yang menarik. Serta memiliki ukuran tubuh yang tergolong sangat kecil walaupun sudah dewasa.

Kita bisa memelihara udang hias yang cantik dengan warna warna yang cerah kedalam aquascape untuk menambah kesan lebih berwarna di dalamnya. Dan inilah beberapa jenis udang hias yang bisa kita tambahkan kedalam aquascape.

  1. Udang Hias Red Cerry

Udang ini berwarna merah cherry dan biasanya memiliki ukuran 2-3 cm. Udang ini juga cukup populer karena harganya yang relatif murah dan memiliki daya tahan yang kuat. Udang ini juga dapat membantu menghilangkan alga. Biasanya udang ini dapat hidup di suhu 18–28.5 derajat celsius dengan pH air 6.2–8.0

  1. Udang Amano

Udang ini berasal dari Taiwan dan Jepang memiliki tubuh yang tampak transparan. Dia juga bisa membantu kita membersihkan aquarium karena memiliki nafsu makan yang besar dalam memakan alga. Udang ini dapat hidup dalam air pH 6,5 – 7,5 dan dengan suhu air 18 hingga 28 derajat celcius.

  1. Udang Blue Diamon

Udang ini terlihat cantik dengan warna biru tua dan memiliki tubuh yang kecil, membuatnya tampak seperti berlian yang indah. Memiliki sifat yang tidak agresif, udang hias jenis ini  juga dapat membantu untuk menghilangkan alga di aquascape.

  1. Udan Red Bee

Udang red bee atau Chrystal Red memiliki perpaduan warna merah terang dan putih, udang ini termasuk sulit untuk di rawat dan juga lambat dalam proses reproduksi sehingga sulit di budidaya. Biasanya udang ini hidup di air dengan pH 6,2 – 7,2 dan suhu 22 – 25 derajat celcius.

  1. Udang Red Rili

Red Rili memiki corak tubuh merah pada bagian depan, transparan dan berbintik-bintik merah pada badan belakang serta dilanjutkan merah pada bagian ekor. Udang ini cocok dipelihara oleh pemula dan dapat hidup di air dengan pH 6.2–8.0 dan bersuhu 65–85 derajat celcius. Tapi jika kalian memeliharanya, kalian harus rutin mengganti air karena udang ini sensitif dengan nitrit dan amoniak.

  1. Udang Yellow Fibee

Udang Yellow Fibee tersebar di jepang dan asia timur dengan warna kuning di seluruh tubuhnya. Udang ini juga mudah untuk di pelihara dengan sifat yang tidak agresif cocok untuk pemula. Biasanya hidup di air pH 6,2 – 8,0 dengan suhu 65 – 80 derajat celcius.

  1. Udang Bloody Mary

Bloody Mary udang berwarna merah ini juga sangat mudah dirawat, sangat cocok untuk pemula. Memiliki ukuran rata-rata 1,5 cm. Dan dapat hidup di air pH 6 – 7 dengan suhu 20 – 28 derajat celcius.

  1. Udang Blue Pearl

Blue Pearl  berasal dari Jerman  memiliki warna biru cantik seperti mutiara. Dia tidak agresif dan tentu suka memakan alga yang ada pada aquascape. Bisa hidup di air pH 6,5 – 7,5 dengan suhu 20 -26 derajat celcius.

  1. Udang Black Bee

Sama seperti namanya, corak udang ini seperti lebah tapi dengan warna hitam-putih. Udang yang memiliki ukuran sekitar 1,5 cm ini mudah dirawat dan dapat hidup di air pH 6 – 7 dengan suhu 20 – 28 derajat celcius.

  1. Udang Caridina

Udang ini biasanya ditemukan di perairan tropis dan subtropis seperti Oceana, Afrika, dan Asia. Dengan warna merah gelap dengan bintik putih pada semua tubuhnya dan ujung ekor berwarna putih. Udang ini tergolong sebagai hewan penyaring atau pemakan partikel dan materi organik.  Udang ini dapat hidup di air dengan pH 7,5 – 8,5 dan suhu 27-29 derajat celcius.

  1. Udang Pinokio

Sama dengan namanya  udang hias ini memiliki hidung yang panjang dan berwarna merah. Dia berasal dari India dan lebih suka hidup di tempat yang terdapat tanaman air, batu serta kayu-kayuan. Biasanya udang jenis ini dimanfaatkan untuk membersihkan aquascape dari alga maupun lumut.

  1. Udang Green Jade

Memiliki warna hijau seperti giok yang cantik membuatnya dapat tersamarkan ketika aquarium atau aquascape kalian dipenuhi tanaman hijau. Udang yang berasal dari Taiwan ini pemeliharaannya mudah dan cocok untuk pemula. udang ini dapat hidup di air dengan pH 6.8 – 7.5 dan suhu 75 – 83 derajat celcius.

  1. Udang Black Coco

Udang Black Coco memiliki warna hitam pekat yang jelas, karna warnanya yang hitam pekat sebaiknya udang ini di tempatkan kedalam aquarium yang cerah. Dapat juga di pelihara didalam aquascape dengan tema iwagumi agar udang dapat terlihat dengan jelas.

  1. Udang Neocaridina

Udang Neocaridina memiliki warna alami hijau dengan kombinasi coklat. Jenis udang ini biasanya sangat kebal terhadap perubahan suhu yang tiba tiba. Sekarang udang ini memiliki banyak warna dan jenis yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan kita.

  1. Udang Orange

Dengan warna orange dan bintik bintik  merah di tubuhnya udang ini senang hidup di Moss. Karna sumber makanannya berada di sana. Udang ini juga pemakan alga atau lumut serta sampah organik. Dapat hidup di air dengan pH 6,5 – 8,0 dan suhu 20 – 25 derajat celcius.

Itulah beberapa jenis udang hias yang bisa kita pilih dengan jenis serta warna yang sesuai keinginan kita, untuk di tambahkan kedalam aquascpae di rumah. Karna selain dapat mempercantik aquascape udang hias juga dapat membantu membersihkan alga dan lumut di dalam aquascpae. Selain itu kebanyakan dari udang hias tersebut juga memiliki perawatan yang mudah. Semoga bermanfaat.