Ini 8 Jenis Makanan yang Bisa Anda Berikan ke Kura-kura Picta Belly

Kura-kura picta belly (Chrysemys picta) merupakan kura-kura semi-aquatic ya. Kura-kura ini termasuk hewan omnivora. Artinya adalah kura-kura picta belly mau mengonsumsi berbagai macam bahan makanan. Anda bisa memberikannya pakan berupa sayur-mayur, daging-dagingan, dan buah. Picta belly ini sendiri mempunyai nafsu makan yang tinggi. Sehingga Anda bisa memberikannya makanan yang cukup banyak kepadanya setiap hari agar kura-kura tersebut cepat tumbuh besar.

Apa makanan kura-kura picta belly? Di bawah ini merupakan rekomendasi pakan yang bisa Anda berikan kepada kura-kura picta belly (Chrysemys picta).

IKAN

Ikan tentunya menjadi makanan utama bagi kura-kura air seperti picta belly. Ikan menyediakan hampir semua gizi yang dibutuhkan oleh kura-kura, terutama protein. Saat di habitat alaminya, kura-kura picta belly akan memburu ikan yang hidup di sungai, danau, rawa-rawa, dan wilayah perairan tawar lainnya. Pada dasarnya, semua jenis ikan yang dapat dikonsumsi boleh Anda berikan ke kura-kura ini. Anda bisa membantu kura-kura tersebut dengan hanya memberikan daging ikan kepadanya.

DAGING

Jenis bahan makanan berikutnya yang bisa Anda berikan ke kura-kura picta belly ialah daging-dagingan. Sebenarnya sih kura-kura ini doyan mengonsumsi segala macam daging yang dapat dikonsumsi. Namun biasanya kami memberikan kura-kura ini berupa daging ayam maupun jeroannya seperti usus, ampela, dan hati. Selain itu, Anda juga boleh memberikan daging kambing, sapi, kelinci, unta, dan sebagainya. Kami lebih merekomendasikan daging yang telah dimasak daripada daging yang masih mentah.

TELUR

Selain ikan dan daging, kura-kura picta belly juga boleh banget Anda berikan pakan berupa telur. Tentu saja telur tersebut perlu dimasak terlebih dahulu ya. Biasanya sih kura-kura sangat rakus memakan telur yang telah direbus atau dikukus dibandingkan telur goreng. Anda bisa memberikan berbagai jenis telur untuk kura-kura ini. Tetapi kami sendiri biasanya memberikan telur ayam, telur bebek, atau telur puyuh. Kuning telur merupakan pakan yang sangat bagus untuk kura-kura picta belly yang masih kecil.

UDANG

Semua jenis kura-kura air sangat suka mengonsumsi udang. Bahkan udang ini menjadi makanan favorit bagi hampir segala macam kura-kura air loh. Udang yang kami maksud tak terbatas cuma udang tambak saja, melainkan juga udang sungai, udang laut, udang mantis, sampai lobster. Udang tak hanya memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi di dalamnya juga terdapat zat karoten yang terbukti secara efektif mampu mencerahkan warna kura-kura. Jadi Anda bisa menjadikannya sebagai makanan pokok.

SERANGGA

Di habitat alaminya, kura-kura picta belly bukan cuma memakan ikan saja. Tetapi kura-kura ini juga biasa mengonsumsi serangga yang ditemukannya di alam liar. Terutama seperti jangkrik, belalang, serta ulat yang ditemukan oleh kura-kura ini pun pasti bakalan ditangkap dan dimakannya sampai habis. Sehingga Anda pun dapat memberikan pakan ke kura-kura picta belly berupa serangga tersebut. Namun khusus untuk pemberian ulat sebaiknya dibatasi karena daging ulat umumnya bersifat panas di tubuh.

CACING

Kura-kura picta belly juga sesekali naik ke daratan untuk mencari makanan. Ada banyak bahan makanan yang bisa dia temukan di daratan. Salah satunya adalah cacing tanah. Cacing tanah biasanya hidup di tanah yang cenderung lembap dan gembur. Di kebun umumnya banyak ditemukan cacing tanah ini. Jadi Anda pun boleh memberikan cacing tanah kepada kura-kura picta belly. Anda bisa langsung memberikan cacing tersebut ke kura-kura, maka dia pun akan memakannya dengan lahap sekali.

SAYURAN

Di atas kami sudah sebutkan bahwa kura-kura picta belly tergolong binatang omnivora. Artinya adalah kura-kura ini mau mengonsumsi segala macam bahan makanan. Termasuk tumbuh-tumbuhan pun sebenarnya kura-kura picta belly ini mau memakannya. Namun kita harus melatih terlebih dahulu biar si kura-kura mau mengonsumsi sayuran. Karena bagaimanapun kura-kura ini lebih suka memakan daging. Contoh sayuran yang bisa Anda berikan yakni kangkung, kubis, sawi, genjer, dan selada air.

BUAH

Anda juga dapat memberikan buah-buahan kepada kura-kura picta belly sebagai makanan selingannya. Buah menyediakan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh kura-kura ini. Anda bisa memberikan kura-kura ini berupa buah-buahan yang memiliki rasa manis dan teksturnya cenderung lunak. Misalnya yakni pisang, pepaya, semangka, melon, dan mangga. Anda juga dapat memberikan labu kuning atau ubi jalar yang telah direbus/dikukus. Dijamin deh kura-kura picta belly Anda akan sangat menyukainya.