Mengatasi dan Menyembuhkan Kura-kura yang Mengalami Obesitas

Apakah kura-kura bisa mengalami obesitas? Jawabannya bisa banget. Ternyata kura-kura juga bisa loh mengalami obesitas. Kasus ini biasanya terjadi apabila kura-kura mendapatkan pola makan yang salah. Contohnya yaitu kura-kura tadi terlalu banyak mendapatkan makanan atau terlalu sering diberi makan. Kura-kura yang menderita obesitas ditandai dengan postur tubuhnya yang begitu besar. Bahkan karena saking besarnya, tubuh kura-kura tersebut nampak seperti tidak muat di dalam tempurungnya.

Di satu sisi, kura-kura yang mengalami obesitas terlihat begitu lucu dan menggemaskan. Terutama pada bagian mimik mukanya yang imut sekali. Muka kura-kura tersebut nampak lebih besar dan tebal. Namun di sisi lain, obesitas pada kura-kura sebenarnya merupakan suatu penyakit yang berbahaya. Anda tidak boleh membiarkan kura-kura tersebut terus mengidap obesitas karena dia mungkin saja bisa terserang penyakit jantung setiap saat. Akibatnya ialah kura-kura bisa mati secara mendadak.

mengatasi-kura-kura-obesitas.jpg

Apabila kura-kura Anda sudah terlanjur mengalami obesitas, Anda dapat memberikannya terapi supaya kura-kura tersebut sembuh dari obesitas yang dideritanya.

Segera Ganti Makanannya

Tahukah Anda, penyebab utama kura-kura mengalami obesitas adalah makananya. Kemungkinan besar ada sesuatu yang salah dari bahan makanan yang Anda berikan kepada kura-kura tersebut. Biasanya sih Anda sering memberikan pakan yang terlalu banyak mengandung lemak kepadanya. Makanan berlemak ini memang sangat disukai oleh kura-kura, tapi di sisi lain berbahaya baginya sebab dapat menyebabkan obesitas. Sebaiknya Anda segera beralih ke bahan pangan yang lain.

Kurangi Porsi Makannya

Kura-kura juga bisa terkena obesitas apabila Anda memberikan makanan yang terlalu banyak. Mungkin saja Anda merasa begitu sayang terhadap kura-kura tersebut sampai tidak mau berhenti memberikan makanan. Karena bahan makanan tersebut memiliki cita rasa yang lezat, maka kura-kura pun tidak mau berhenti memakannya. Kura-kura yang mengonsumsi makanan terlalu banyak ini pada akhirnya menjadi gemuk, lalu berlanjut ke obesitas. Segeralah kurangi porsi makananya secara bertahap.

Berikanlah Sayur-Sayuran

Semua kura-kura pada dasarnya mau memakan sayuran. Namun kalau disuruh memilih, kura-kura lebih suka daging ketimbang sayur-mayur. Hal ini pula yang mendorong Anda untuk terus memberikannya daging supaya kura-kura tersebut mau makan dengan lahap. Akan tetapi, memberikan daging secara terus-menerus juga kurang bak bagi kesehatan kura-kura. Secara berkala Anda perlu memberikannya sayur-sayuran agar kebutuhan vitamin, mineral, dan seratnya terpenuhi dengan baik.

menyembuhkan-kura-kura-obesitas.jpg

Pilih Makanan Rendah Lemak

Anda sebenarnya boleh kok memberikan daging-dagingan saja kepada kura-kura. Tetapi usahakan untuk memilih jenis daging-dagingan yang rendah lemak atau bebas dari lemak agar aman dimakan kura-kura. Anda bisa memberikan daging ikan tanpa kepala atau daging ayam tanpa lemak. Hindari memberikan jeroan ayam karena bahan makanan yang satu ini penuh dengan kandungan lemak. Disarankan untuk merebus daging terlebih dahulu sebelum diberikan ke kura-kura.

Beralih ke Pelet Siap Santap

Kalau Anda bingung untuk memberlakukan diet kepada kura-kura karena tidak tahu dengan pasti jumlah nutrisi yang terkandung di dalam setiap bahan makanan, Anda bisa beralih menggunakan pelet. Walau sebenarnya sih pakan yang segar ini sangat direkomendasikan untuk diberikan ke kura-kura. Anda bisa menggunakan pelet khusus kura-kura ataupun pelet ikan. Cukup berikan saja kura-kura tersebut 1-2 sendok makan pelet per hari sebagai makanannya.

Wajib Disuruh Berpuasa Ya

Kura-kura yang menderita obesitas wajib disuruh untuk berpuasa. Puasa ini tidak hanya dapat membuat berat badannya menurun, tetapi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Biasanya sih puasa pada kura-kura dilakukan secara berselang-seling. Jadi hari ini kura-kura makan, lalu besoknya berpuasa, kemudian lusanya kura-kura kembali makan seperti biasa, dan seterusnya. Ketika tiba hari makan, kura-kura juga mesti diberikan makanan secara normal dan jangan berlebihan.

Buatlah agar Banyak Bergerak

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh manusia untuk menurunkan berat badannya yaitu berolahraga. Dengan berolahraga, maka ada banyak kalori di dalam tubuh yang akan terbakar. Hal yang sama juga berlaku untuk kura-kura. Cuma memang kura-kura ini tidak bisa disuruh untuk berolahraga. Solusinya yaitu Anda dapat membuatnya banyak bergerak dengan memindahkan kura-kura ke tempat lain yang lebih luas. Jangan lupa mengisinya dengan air yang penuh ya supaya kura-kura tersebut merasa tertarik untuk berenang kian kemari.