Merawat Kura-kura Damer (Dada Merah) dengan Baik

Kura-kura dada merah (Emydura subglobosa) adalah kura-kura air tawar yang berasal dari Australia dan Selandia Baru. Dinamakan dada merah, disingkat damer, karena kura-kura ini memiliki plastron (tempurung bagian bawah) yang berwarna merah. Damer termasuk dalam famili Chelidae di ordo Testudines. Kura-kura ini bersifat semi-aquatic yang artinya bisa hidup di air dan darat. Panjang tubuh maksimalnya mencapai 30 cm.

Kura-kura damer kenyataannya cukup mudah dirawat. Bentuk-bentuk perawatan yang harus kita berikan kepadanya kurang lebih mirip seperti merawat kura-kura brazil. Tiga faktor penting yang harus diperhatikan di antaranya kandang, makanan, dan kebersihan. Asalkan Anda merawatnya dengan baik, kura-kura ini pasti akan senantiasa dalam kondisi yang sehat. Perlu diketahui, harga pasaran kura-kura damer berada di kisaran Rp 75-150 ribu tergantung kualitas warnanya.

merawat-kura-kura-dada-merah.jpg

KANDANG

Anda bisa memelihara kura-kura dada merah di kolam atau akuarium. Kalau ingin membangun kolam untuk kura-kura sebaiknya buatlah area daratan dan perairan dengan perbandingan 1:3. Karena merupakan kura-kura semi-aquatic memerlukan kedua area ini supaya kehidupannya dapat berlangsung secara normal. Jangan lupa untuk melengkapi kolam tersebut dengan filter agar kondisi kebersihan airnya terjaga dengan baik.

Selain kolam, Anda juga bisa merawat kura-kura damer di akuarium. Justru memelihara damer di akuarium lebih kami rekomendasikan sebab di sini Anda bisa melihat keindahan plastron berwarna merah yang dimiliki kura-kura ini setiap saat. Untuk menyediakan area daratannya, Anda bisa meletakkan tempat basking berbentuk panggung atau tempel di dalam akuarium. Anda juga tetap harus memasang filter untuk menjaga kondisi air.

MAKANAN

Kura-kura damer pada hakikatnya merupakan binatang omnivora. Namun kura-kura semi-aquatic ini memiliki kecenderungan bersifat karnivora. Kura-kura ini lebih menyukai daging-dagingan ketimbang sayur-mayur dan buah-buahan. Beberapa saran bahan makanan yang dapat diberikan kepada kura-kura damer antara lain ikan, udang, jangkrik, cacing sutera, cacing beku, ulat hongkong, dan katak. Demi alasan kepraktisan, Anda juga bisa memberikan pelet.

Tidak sedikit penghobi yang menginginkan kura-kura peliharaannya mempunyai warna yang cerah. Beberapa jenis kura-kura memang bisa diberi terapi sedemikian rupa supaya warnanya menjadi lebih cerah, tegas, dan jelas. Kura-kura damer termasuk salah satunya. Warna dada kura-kura ini dapat dibuat menjadi merah menyala melalui pemberian makanan yang tepat. Jika Anda mau, rahasianya yaitu berikan pakan hanya berupa udang dan jangkrik.

KEBERSIHAN

Kunci keberhasilan merawat kura-kura air terletak pada pemeliharaan air itu sendiri. Kalau kondisi airnya bersih dan jernih, kura-kura apapun pasti akan hidup di dalamnya. Filter air merupakan peralatan yang wajib dimiliki saat Anda memelihara kura-kura dada merah. Filter ini akan menyaring semua kotoran yang terlarut di dalam air sehingga kebersihannya terjaga. Jika belum ada filter air, sebagai gantinya Anda harus mau repot-repot menguras kolam atau akuarium setiap hari. Disarankan memakai air rendaman daun ketapang supaya kura-kura Anda terhindar dari mineral deposit (MD).

Selain kebersihan air dan kandang, Anda juga wajib menjaga kebersihan kura-kura itu sendiri. Paling tidak setiap 2 hari sekali, Anda perlu memandikan si kura-kura supaya terhindari dari serangan jamur dan lumut. Lantas, bagaimana cara memandikan kura-kura? Anda bisa mengeluarkannya dari kolam. Lalu gunakan sikat gigi untuk menggosok tempurung kura-kura. Bila perlu, Anda bisa memakai pasta gigi sebagai bahan pembersih. Setelah itu, bilaslah kura-kura tersebut sampai bersih.

Selesai mandi, kura-kura hendaknya dijemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu. Jangan langsung memasukkannya kembali ke kolam atau akuarium. Disadari atau tidak, kura-kura damer sangat membutuhkan sinar matahari untuk mendukung pertumbuhannya. Sinar alami ini dapat membantu sistem pencernaan kura-kura serta membantu pembentukan vitamin D di dalam tubuh. Jadi sebisa mungkin jemurlah kura-kura setiap pagi selama 20-30 menit. Waktu ideal untuk menjemur kura-kura yaitu sebelum pukul 9 pagi.