Merawat Kura-kura Darat Saat Musim Hujan agar Tidak Mudah Sakit

Faktanya merawat kura-kura darat memang lebih rumit daripada kura-kura air. Ada begitu banyak aspek yang perlu Anda perhatikan dalam merawat kura-kura tersebut supaya tetap sehat. Apalagi kalau Anda memelihara kura-kura darat impor yang berasal dari luar negeri, maka Anda harus merawatnya dengan lebih serius lagi mengingat habitat kura-kura tersebut berbeda dengan kondisi lingkungan di Indonesia. Asalkan Anda menikmatinya, sebenarnya tidak susah kok untuk merawat kura-kura ini.

Sebagian besar kura-kura darat berasal dari Benua Afrika. Contohnya seperti kura-kura galapagos, kura-kura aldabra, kura-kura sulcata, dan kura-kura pardalis. Di sini kura-kura tersebut tinggal di area gurun pasir yang notabene memiliki kondisi cuaca yang panas dengan lingkungan yang cukup gersang. Kondisi wilayah ini berbeda sekali dengan lingkungan di Indonesia yang memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi, terutama saat musim hujan berlangsung. Suhu udaranya pun cenderung lebih dingin.

merawat-kura-kura-darat.jpg

Maka tidak heran, begitu banyak penghobi yang mengeluh kalau kura-kura darat peliharaannya tiba-tiba sakit ketika musim hujan berlangsung. Penyebabnya tak lain yaitu kura-kura tersebut merasa kedinginan sehingga mengakibatkan daya tahan tubuhnya menurun. Akibatnya kura-kura pun gampang jatuh sakit. Sebelum kasus yang sama menimpa kura-kura peliharaan Anda, Anda harus merawatnya dengan baik. Diperlukan upaya yang berlebih dalam merawat kura-kura darat saat musim penghujan.

Memasang Lampu Ultraviolet

Ketika musim penghujan, kandang kura-kura wajib dilengkapi dengan lampu ultraviolet. Bukan sebagai penerang, tapi lampu ini berguna sebagai penghangat sehingga kura-kura yang tinggal di dalam kandang tidak merasa kedinginan. Anda harus membeli lampu UV yang asli sehingga benar-benar mampu untuk memancarkan sinar ultraviolet. Pilihlah daya lampu sesuai ukuran kandang sehingga cahaya yang keluar pas, tidak kekecilan ataupun terlalu panas. Letakkan lampu ini di tengah-tengah kandang. Ciri-ciri lampu yang tepat yaitu kura-kura tetap beraktivitas secara normal di kandang, tidak mendekati lampu maupun menjauhi lampu UV.

kura-kura-darat-agar-tidak-sakit.jpg

Merendam di Air Hangat

Selama musim hujan berlangsung, kura-kura darat tetap perlu direndam di air hangat setiap pagi. Tujuan dari perendaman ini untuk membuat kura-kura merasa nyaman setelah bangun tidur. Perendaman juga akan membuat sistem pencernaan di dalam tubuh kura-kura menjadi lancar. Biasanya kura-kura darat akan mengeluarkan kotorannya ketika dia direndam di air hangat. Cara merendam kura-kura darat di air hangat yakni Anda bisa memasukkan kura-kura ini ke dalam baskom terlebih dahulu. Siapkan air hangat yang suhunya hangat-hangat kuku. Lalu tuangkan air ini ke dalam baskom hingga setengah tinggi kura-kura. Kepalanya jangan sampai terendam air ya. Rendamlah selama 20-30 menit.

Menjemur di Waktu Pagi

Sinar matahari pagi sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan makhluk hidup. Termasuk kura-kura pun pada hakikatnya memerlukan sinar mentari pagi ini supaya pertumbuhannya lancar. Sinar matahari dapat merangsang pembentukan vitamin D di dalam tubuh kura-kura yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan kalsium. Jadi kura-kura yang rutin dijemur di bawah sinar matahari akan mempunyai tubuh yang sehat, kuat, dan kokoh. Tapi ingat, waktu penjemuran kura-kura ini hanya boleh dilakukan pada pagi hari sebelum jam 9. Sebab kalau Anda menjemur kura-kura ketika siang hari, sinar mentarinya sudah terlalu panas sehingga justru membahayakan kura-kura tersebut. Jemurlah kura-kura ini selama 15-20 menit.

kura-kura-darat-saat-hujan.jpg

Masukkan ke Kandang saat Hujan

Kalau Anda memiliki pekarangan yang cukup luas, Anda dapat melepaskan kura-kura di sana. Kura-kura yang dilepaskan biasanya mempunyai tubuh yang lebih sehat daripada kura-kura yang selalu tinggal di dalam kandang. Namun tentu saja, Anda harus memastikan pekarangan tersebut dilindungi oleh pagar sehingga kura-kura Anda senantiasa tetap aman. Selama melepaskan kura-kura di pekarangan rumah, Anda harus memantau terus kondisi cuaca. Apabila langit sudah nampak mendung, Anda harus segera memasukkan kembali semua kura-kura ke dalam kandang. Usahakan Anda tidak membiarkan kura-kura tersebut sampai kehujanan karena dapat mengakibatkan daya tahan tubuhnya menurun drastis.