Ini Dia Rekomendasi 18 Makanan Terbaik untuk Kura-kura Red Foot

Makanan kura-kura red foot pada dasarnya masih sama seperti kura-kura cherry head sebab keduanya memang berasal dari kelompok yang sama, tetapi berbeda spesies. Ciri-ciri khas dari kura-kura red foot yaitu mempunyai kaki yang berwarna merah. Selain itu, kura-kura red foot ini juga mampu tumbuh lebih besar daripada kura-kura cherry head. Oleh karena itu, harga kura-kura red foot di pasaran lebih mahal dibandingkan dengan cherry head dengan selisih yang cukup jauh.

Jadi bagi Anda yang tertarik untuk memelihara kura-kura red foot meski menyiapkan kocek yang cukup dalam untuk mengadopsinya dari pet store. Anda juga mesti merawat kura-kura ini dengan baik. Karena sebagai kura-kura impor yang berasal dari luar negeri, kura-kura red foot membutuhkan penanganan yang khusus. Terutama dari segi setting kandang serta pemilihan makanannya. Untungnya ada banyak bahan makanan lokal yang baik untuk dimakan oleh kura-kura ini loh.

Di bawah ini merupakan makanan-makanan yang bisa Anda berikan kepada kura-kura red foot, yaitu :

CAISIM

Caisim alias sawi hijau merupakan salah satu makanan terbaik untuk semua jenis kura-kura darat. Hal ini berarti Anda boleh memberikan caisim setiap hari tanpa batasan. Sebab memang daun caisim memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk mendukung pertumbuhan kura-kura red head. Khusus untuk kura-kura yang masih kecil, kami biasanya mengiris sawi hijau terlebih dulu supaya kura-kura lebih gampang memakannya. Kura-kura juga umumnya doyan banget dengan caisim.

SIOMAK

Siomak dikenal pula dengan sebutan sawi wangi. Mungkin Anda bakal kesulitan menemukan siomak ini di pasar tradisional. Siomak atau fumak biasanya tersedia di supermarket atau pasar yang ada di wilayah pecinaan. Siomak juga termasuk salah satu makanan terbaik untuk kura-kura darat seperti red foot. Hal ini dikarenakan siomak mengandung nutrisi yang tinggi, terutama vitamin A dan zat besi, serta memiliki kandungan serat yang cukup. Anda bisa memberikannya setiap hari.

PAKCOY

Pilihan lainnya untuk makanan yang baik bagi kura-kura red foot ialah pakcoy. Sayuran ini dikenal juga dengan sebutan sawi sendok ya. Ini merupakan salah satu makanan yang bagus untuk kura-kura darat. Di dalamnya terkandung nilai gizi yang tinggi dan serat yang cukup. Anda bisa mencuci pakcoy terlebih dahulu sebelum diberikan ke kura-kura. Kemudian potonglah tipis-tipis supaya kura-kura Anda mampu memakannya dengan lebih mudah.

KAILAN

Sayur kailan apalagi yang masih muda juga bagus sekali untuk pakan kura-kura red foot loh. Anda dapat memotongnya dalam ukuran yang kecil apabila hendak diberikan ke kura-kura yang masih baby. Namun jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. Kailan bisa Anda berikan setiap hari ke kura-kura ref foot karena memang sayuran ini aman dan baik untuk mendukung pertumbuhan kura-kura red foot. Anda juga bisa mencampurnya dengan sayuran yang lain.

KENIKIR

Kenikir juga dikenal dengan istilah cikra-cikri, khususnya di daerah jawa. Daunnya mempunyai rasa yang khas, agak sengir atau langu. Biasanya sayuran ini digunakan sebagai bahan untuk membuat urap. Anda juga bisa memberikan kenikir kepada kura-kura red foot. Kura-kura ini umumnya lebih suka daun kenikir yang masih muda karena rasa langunya tidak terlalu kentara.

SELADA AIR

Ingat selada air ini bukan selada keriting ya. Keduanya merupakan sayuran yang berbeda. Selada air ini mempunyai daun yang ukurannya kecil seperti koin. Sedangkan ukuran daun selada keriting jauh lebih besar hingga menyerupai sawi putih. Selada air merupakan pakan favorit kami untuk diberikan ke kura-kura red foot. Mengapa? Sebab hampir semua bagian dari sayuran ini bisa Anda berikan ke kura-kura, termasuk batangnya yang masih muda. Jadi Anda cuma perlu mencucinya saja.

Selain daftar makanan di atas, Anda juga bisa memberikan makanan ke kura-kura dengan bahan-bahan di bawah ini :

  • Wortel : Pilih wortel yang masih muda. Cuci bersih lalu potong korek api.
  • Labu siam : Pilih labu siam yang masih muda. Cuci bersih dan kupas kulitnya. Potong korek api.
  • Kaktus opuntia : Cuci bersih dan potong korek api.
  • Kembang sepatu : Anda bisa memberikan daun dan bunga kembang sepatu ke kura-kura.
  • Semanggi : Ambil daun semanggi. Lantas cuci sampai bersih di air mengalir.
  • Daun pakis : Pilih daun yang masih muda dan cuci hingga bersih.
  • Buncis : Cuci bersih di air mengalir. Buang sulur di pinggirnya. Lalu iris tipis-tipis.
  • Sawi putih : Ambil bagian daunnya saja dan cuci bersih.
  • Kangkung : Wajib dicuci sampai benar-benar bersih. Ambil daun dan batang mudanya.
  • Tauge : Cuci sampai bersih. Berikan sesekali saja sebagai pakan tambahan.
  • Mentimun : Berikan saat kondisi cuaca sedang panas. Cuci bersih dan potong korek api.
  • Daun ubi jalar : Ambil daun yang muda. Cuci bersih dan iris tipis-tipis.