Tips Memilih Emys (Kura-kura Kaki Gajah)

Emys dikenal pula dengan sebutan kura-kura kaki gajah. Ini merupakan kura-kura darat (tortoise) terbesar di Benua Asia. Di habitat alaminya, emys bisa hidup selama bertahun-tahun dengan panjang tubuh mencapai 80 m dan bobot hingga 40 kg. Emys hidup secara endemik di Indonesia. Kura-kura ini berada di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Penyebarannya bahkan sampai Bangladesh dan India bagian timur.
Akhir-akhir ini banyak sekali orang Indonesia yang tertarik memelihara kura-kura. Hewan yang memiliki tempurung ini dianggap sebagai binatang yang unik dan menarik. Sekilas wujud kura-kura menyerupai binatang purba. Emys termasuk salah satu kura-kura darat yang sering kali dipelihara. Karena merupakan kura-kura asli dari Indonesia, memelihara emys tidak terlalu sulit. Justru lebih susah memilih emys ketika hendak membelinya.
tips-memilih-emys.jpg
Berikut ini bagian-bagian tubuh emys yang perlu diperiksa pada saat melakukan pemilihan :
Tubuh
Mulailah dengan memeriksa bagian tubuh emys secara garis besar. Anda bisa mengamati mata, hidung, kepala, mulut, karapas, plastron, dan kaki-kaki emys. Lakukan secara cermat dan teliti. Usahakan Anda memilih emys yang mempunyai tubuh yang sempurna. Hindari memilih emys yang mempunyai cacat atau luka. Jangan pula membeli emys yang memiliki kerusakan pada bagian karapasnya. Namun bila Anda berencana menggunakan emys yang karapasnya rusak tadi sebagai indukan, tidak masalah karena harganya lebih murah.
Bobot
Emys yang sehat bisa dinilai dari bobot tubuh yang sesuai dengan postur badannya. Sebisa mungkin pilihlah emys yang gemuk yang berarti memiliki nafsu makan yang tinggi dan dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Anda bisa mencoba mengangkat emys, kemudian menaksir bobotnya. Emys yang bagus akan memiliki bobot yang cukup berat. Sedangkan emys yang terasa ringan dan kurus kemungkinan besar mempunyai masalah pada kesehatan atau sistem pencernaannya.
Mata
Kalau ingin mengetahui kondisi kesehatan emys secara pasti, Anda bisa memperhatikan bagian matanya. Kondisi bola mata emys akan menggambarkan kesehatannya secara akurat. Emys yang sehat mempunyai mata yang tampak cerah dan berbinar. Mata emys yang sehat tidak sayu dan tidak berair. Jika matanya diselubungi oleh bintik putih atau selaput tipis, Anda harus waspada sebab kemungkinan besar emys tersebut terserang katarak. Untuk memeriksa respons matanya, Anda bisa mendekatkan cahaya ke arah mata emys.
Hidung
Jangan lupa memeriksa kondisi hidung si emys. Dari kondisi hidung ini, kita dapat mengetahui kondisi emys yang sebenarnya. Emys yang sehat mempunyai hidung yang kering dan tidak mengandung lendir. Jika hidung emys tampak berlendir, maka kemungkinan besarnya adalah emys tersebut sedang terserang penyakit flu. Flu merupakan salah satu penyakit berbahaya bagi kura-kura darat karena bisa mengakibatkan kematian. Sedangkan jika emys mengeluarkan suara dengusan pada saat bernapas, ini sangat wajar dan bukan disebabkan pilek.
Mulut
Hati-hati pada saat Anda ingin memeriksa mulut emys. Walaupun karakteristik dasar emys itu tidak terlalu ganas, tetapi ia juga bisa menggigit apabila merasa terancam. Apalagi jika Anda bermain-main dengan mulutnya. Ada baiknya Anda memberi makan terlebih dahulu agar emys merasa tenang dan nyaman. Kemudian elus bagian bawah dagunya untuk mengakrabkan diri. Setelah itu, Anda bisa mulai mengecek bagian dalam mulutnya. Emys yang bagus adalah tidak menderita sariawan atau penyakit radang mulut.
Setelah Anda puas memeriksa kondisi tubuh emys, selanjutnya perhatikan tingkah laku dan responnya terhadap makanan yang diberikan. Emys yang sehat pasti memiliki pergerakan yang sangat aktif. Ia senang bergerak kian kemari. Cara berjalannya pun tidak tampak lemas, melainkan tegap dan mantap. Kemudian saat Anda memberikan makanan berupa sayuran, maka emys tersebut akan langsung tanggap menghampiri dan memakannya. Inilah ciri-ciri emys yang bagus.