Tips Merawat Tempurung Kura-kura agar Tidak Kusam

Bagian yang paling menarik dari seekor kura-kura tidak lain adalah tempurungnya. Tidak ada binatang lain yang memiliki tempurung selain kura-kura. Tempurung kura-kura ini mempunyai struktur yang kuat dan kokoh, serta motifnya pun unik sekali. Paduan warna-warninya dapat menciptakan corak tertentu yang menarik. Bagi kura-kura, tempurung ini ibarat perisai yang mampu melindungi tubuhnya dari para predator.

Sebuah kebanggaan tersendiri apabila kura-kura peliharaan kita mempunyai tempurung yang berwarna cerah dan tidak kusam. Permukaan tempurung kura-kura tersebut tampak kinclong alias mengkilap saat terkena terpaan sinar matahari. Ini menandakan kondisinya bersih serta terawat dengan baik. Di sisi yang lain, tempurung kura-kura yang berwarna kusam biasanya disebabkan oleh perawatan yang kurang maksimal.

warna-tempurung-tidak-kusam.jpg

Agar tempurung kura-kura peliharaan Anda tidak berwarna kusam, Anda bisa merawatnya dengan kiat-kiat di bawah ini!

Bersihkan Setiap Hari

Tempurung kura-kura yang nampak kusam menandakan kalau kondisinya kotor. Mungkin saja Anda kurang telaten menjaga kebersihannya. Jalan keluar yang paling efektif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu mencucinya. Tetapi bukan hanya menyirami dengan air saja, melainkan Anda perlu memandikan kura-kura tersebut. Gosoklah tempurung kura-kura ini memakai pasta gigi sampai bersih. Setilah itu, Anda bisa membilasnya.

Jaga Kebersihan Air

Selain menjaga kebersihan kura-kura, Anda pun perlu memastikan kondisi air di akuarium atau kolamnya senantiasa bersih. Kebersihan air ini begitu penting untuk dikontrol. Sebab tak hanya mempengaruhi warna tempurungnya saja, tetapi juga berpengaruh besar terhadap kesehatan kura-kura tersebut. Ada baiknya Anda memasang filter air yang memadai di dalam akuarium atau kolam. Anda juga perlu menguras air di dalamnya secara berkala.

Berikan Pakan Bervitamin

Jenis pakan yang kita berikan kepada kura-kura ternyata berpengaruh juga terhadap kondisi tempurungnya loh. Kalau Anda menginginkan tempurung kura-kura tersebut berwarna cerah dan mempunyai permukaan yang tidak kusam, Anda perlu memberikan pakan yang banyak mengandung vitamin kepadanya. Selain itu, Anda pun perlu memberinya pakan dengan kandungan zat karoten yang tinggi. Contohnya yaitu wortel dan ikan salmon.

Jemur di Bawah Matahari

Jangan pandang sebelah mata rutinitas menjemur kura-kura. Sebab rutinitas yang satu ini memiliki manfaat yang begitu besar bagi kura-kura. Sinar matahari pada pagi hari mempunyai manfaat yang bagus. Tidak sebatas untuk menghangatkan suhu tubuhnya saja, tetapi sinar tersebut juga dapat merangsang pembentukan vitamin D di dalam tubuh kura-kura. Hasilnya adalah kura-kura Anda akan cepat tumbuh besar dan warna tempurungnya pun cerah.

Oleskan Bahan Alami

Anda juga bisa memberikan treatment tertentu kepada tempurung kura-kura agar warnanya cerah dan permukaannya mengkilap. Ada banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk keperluan ini. Usahakan pilihlah bahan yang tidak memiliki aroma menyengat supaya tidak mengganggu nafsu makannya. Kami biasanya menggunakan cuka untuk merawat tempurung kura-kura. Anda cukup mengusapkan cuka ini ke seluruh permukaan tempurung kura-kura secara merata setiap hari.