Cara Mengeluarkan Warna Ikan Channa

Hobi memelihara ikan hias saat ini memang banyak di gemari oleh berbagai kalangan, selain sebagai hobi ternyata ikan hias ada juga yang di perlombakan.  Apalagi ikan hias yang menjadi juara dalam sebuah lomba dapat bernilai jual tinggi, membuat para penghobi menjadi bersemangat untuk memelihara berbagai jenis ikan hias.

Tentunya ikan hias yang di lombakan adalah jenis ikan tertentu seperti halnya ikan channa yang dimana jenis ikan hias ini sedang banyak di cari oleh para penghobi.

Ikan channa atau gabus merupakan ikan hias predator yang banyak di gemari saat ini, dengan banyaknya peminat sampai diadakan perlombaan untuk ikan ini. Dalam perlombaan ikan channa banyak hal yang menjadi faktor penentu ikan menjadi juara, seperti keagresifan, tingkat adaptasi ikan di dalam aquarium. Dan yang lebih penting adalah warna ikan, dimana warna ikan yang cerah dan bagus menjadikan penentu ikan menjadi juara.

Ikan channa juga akan di hargai mahal jika memiliki warna yang cerah dengan corak yang cantik, jadi tidak heran jika banyak penghobi ikan yang mencari cara agar ikan kesayangannya memiliki warna yang cerah dan cantik. Untuk memiliki ikan channa dengan warna cerah dan cantik kita harus tau beberapa hal yang dapat membuat ikan channa memiliki warna tersebut.

Yang dapat membuat ikan channa memiliki warna cerah dan cantik dapat di pengarui oleh faktor gen (faktor keturunan dari induk channa). Faktor gen ini sangat berpengaruh, karna gen merupakan sifat bawaan ikan itu sendiri yang di dapat dari pemberian induk ikan. Jadi jika indukan ikan channa memiliki warna yang cerah dan cantik kemungkinan anakan ikan channa pun akan berwarna cerah dan cantik.

Selain di hasilkan dari keturunan warna ikan yang bagus juga dapat di dapatkan dari cara perawatan ikan. Jadi kita harus merawat ikan channa dengan baik agar ikan dapat mengeluarkan warna yang cantik dan cerah. Karna faktor gen saja tidak akan cukup untuk menjamin kalau ikan channa akan memiliki warna yang cerah. Untuk itu kita juga harus merawat ikan channa dengan baik, Inilah beberapa cara merawat ikan channa agar dapat mengeluarkan warna yang cerah dan cantik.

  1. Setelan aquarium ikan

Aquarium merupakan tempat untuk ikan hidup, yang dimana harus ada kenyamanan bagi ikan yang menempatinya. Jadi sebaiknya kita memberikan hiasan ataupun dekorasi pada aquarium agar ikan merasa seperti berada di habitat aslinya. Agar ikan dapat dengan mudah untuk beradaptasi di lingkungan barunya, karna jika ikan telah nyaman dan merasa cocok dengan lingkungan barunya ikan tidak akan mengalami stres ataupun merasa terancam. Sehingga  akan lebih mudah untuk proses mengeluarkan warna tubuh pada ikan channa tersebut.

  1. Pemberian pakan

Pemberian pakan pada ikan channa sangat berpengaruh untuk proses mengeluarkan warna ikan, pakan yang baik akan membuat warna ikan channa lebih cepat keluar dan juga lebih jelas terlihat di banding kita memberinya pakan asal asalan.

Pada tubuh ikan channa untuk menghasilkan warna yang cerah dan cantik banyak membutuhkan vitamin A yang banyak terkandung pada udang. Vitamin A ini nantinya akan di simpan oleh ikan di bagian lemak yang berada di bawah sisik, yang nantinya akan menjadikan warna ikan terlihat lebih jelas dengan banyaknya vitamin A yang tersimpan di bawah sisik ikan.

Namun selain memberi pakan udang sebaiknya kita juga memberikan ikan channa pakan lainnya seperti cacing tanah, jangkrik, ulat hongkong, ataupun pakan pabrikan kusus channa yang dijual di toko ikan hias maupun online. Pakan pabrikan ini biasanya memiliki fungsi sesuai dengan warna pakannya warna biru untuk merangsang ikan mengeluarkan warna biru pada tubuhnya, warna merah untuk merangsang mengeluarkan warna merah. Kita tinggal memilih jenis pakan yang cocok untuk ikan channa yang kita pelihara, karna ikan channa memiliki jenis dan warna yang berbeda.

Selain itu kita juga harus memberikan pakan hidup seperti ikan yang berukuran lebih kecil dari ikan channa tersebut. Agar ikan channa tidak kehilangan insting berburu dan membuatnya tetap menjadi ikan yang tidak kehilangan mental sebagai ikan predator.

  1. Pencahayaan

Ikan channa ternyata juga membutuhkan banyak cahaya untuk mengeluarkan warna yang cerah dan cantik pada tubuhnya. Karna sel sel pada tubuh ikan channa ternyata sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga jika ikan channa menerima cukup cahaya akan membuat pembentukan warna pada tubuh ikan lebih maksimal di banding ikan channa yang kekurangan cahaya.

Jadi sebaiknya untuk aquarium ikan channa kita menggunakan cahaya lampu warna putih yang merata pada aquarium. Karna warna putih memiliki gelombang cahaya yang paling lengkap dan bagus untuk proses terbentuknya warna pada ikan channa.

  1. Daun ketapang

Daun ini berfungsi sebagai penurun PH air aquarium agar ikan channa lebih nyaman, karna PH air pada habitat asli ikan channa berbeda dengan PH air pada aquarium kita di rumah. Daun ketapang juga bisa di gunakan sebagai pewarna pada air aquarium agar ikan channa merasa seperti pada habitat aslinya.

Itulah beberapa hal yang dapat membantu mengeluarkan warna pada ikan channa, proses mengeluarkan warna pada ikan channa biasanya berlangsung beberapa bulan tidak bisa terjadi dengan cara yang singkat. Jadi kita membutuhkan kesabaran untuk menghasilkan ikan  channa dengan warna yang cerah dan juga cantik. Semoga bermanfaat.