Beberapa Jenis Kayu Yang Bisa Digunakan Untuk Aquscape

Membahas soal aquascape pasti tidak akan jauh dari persoalan tentang menghias aquarium menjadi sebuah ekosistem bawah air yang cantik, dengan ornamen ornamen pendukung seperti tanaman air, batu, dan tentunya kayu. Karna ornamen ornamen inilah yang nantinya akan di susun di dalam aquarium sehingga menjadi sebuah aquascape yang cantik untuk di pandang.

Dalam membuat aquascape pastinya kita akan menambahkan beberapa jenis ornamen yang akan menjadikan tampilan aquascape lebih terlihat menarik. Biasanya para penghobi aquascape akan menambahkan ornamen seperti batu, kayu, dan juga berbagai tanaman hias kedalam aquarium mereka. Itu semua bertujuan untuk membuat tampilan aquascape agar terlihat lebih nyata dan hidup. Batu dan kayu kadang juga di jadikan sebagai media tanam untuk beberapa jenis tanaman hias yang kita gunakan pada aquascape.

Namun dalam membuat aquasape tidak semua jenis kayu dapat di gunakan sebagai ornamen hiasan, karna ada juga kayu yang malah akan membusuk saat berada di dalam air terlalu lama. Jadi kita harus menggunakan kayu yang kuat dan tidak mudah hancur dalam membuat aquascape. Selain memilih jenis kayu yang cocok untuk tema aquascape, kita juga harus menghilangkan tanin yang ada pada kayu tersebut. Karna pada setiap kayu memiliki tanin yang jika tidak di hilangkan akan membuat air aquacape menjadi berwarna kuning.

Tanin adalah getah atau zat yang ada pada setiap kayu, untuk menghilangkan tanin pada kayu kita bisa merebus kayu terlebih dahulu sebelum di gunakan untuk membuat aquascape.

Dalam pemilihan kayu kita harus bisa memilih jenis kayu yang cocok sesuai dengan teman aquacape yang akan kita buat. Sebab setiap jenis kayu akan berpengaruh terhadap tampilan aquascape nantinya, karna kayu yang biasah di gunakan untuk membuat aquscape memiliki bentuk dan karakter yang berbeda beda.

Dan inilah beberapa jenis kayu yang memiliki tektur kuat dengan bentuk yang bagus sehingga cocok dijadikan sebagai kayu aquascape.

  1. Kayu santigi

Kayu santigi tumbuh  dan tersebar di beberapa kawasan asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand. Dengan bentuk dan lekuk kayu yang unik serta memiliki banyak cabang pada setip batangnya, kayu santigi biasanya dijadikan sebagai pohon bonsai pada tema aquascape. kuyu ini juga dapat dijadikan sebagai media tanam untuk tumbuhan moss, yang akan menjadikan tampilan bonsai kayu santigi lebih terlihat hidup.

  1. Kayu senggani

Kayu senggani kayu ini memiliki bentuk kecil dan juga memiliki banyak cabang pada setiap batang kayunya. Dengan banyaknya cabang yang ada pada batang kayu sehingga membuat kayu ini menyerupai akar, para penghobi aquascape sering juga menyebutnya dengan nama akar senggani.  Kayu ini juga dapat dijadikan sebagai bonsai pada tema aquascape ataupun dijadikan sebagai efek akar untuk menambah kesan lebih hidup. Kayu senggani biasanya di temukan di daerah lereng pegunungan, tebing, semak belukar, ataupun di sungai.

  1. Kayu rasamala

Kayu rasamala memiliki bentuk hampir sama dengan kayu senggani namun  dengan ukuran yang lebih besar. Kayu ini memiliki warna yang unik yaitu berwarna kemerah  merahan dan juga memiliki banyak lekukan serta cabang pada batang kayunya. Kayu rasamala terkenal sangat kuat meskipun terendam air dalam waktu lama, sehingga sering menjadi pilihan para penghobi aquascape untuk dijadikan sebagai hiasan pada aquacape mereka.

Kayu rasamala biasanya dijadikan aquascape dengan tema natural yang di padukan dengan bebatuan.  Kayu inipun mudah di dapatkan karna biasanya tumbuh di daerah perbukitan dan pegunungan yang bersuhu lembab.

  1. Kayu bakau

Kayu bakau juga dapat dijadikan sebagai kayu hiasan aquascape dengan bentuk yang unik kayu ini memiliki tekstur yang halus dengan sedikit cabang. Dan biasanya pada ujung cabang kayu bakau berbentuk runcing sehingga akan terlihat alami saat dijadikan sebagai hiasan aquascape.

Kayu bakau ini bisa kita temukan di daerah pesisir pantai ataupun di hutan bakau, kayu ini memiliki kandungan tanin yang cukup banyak yang dapat membuat air aquascape kita menjadi berwarna kekuningan. Kayu bakau juga mudah retak ataupun pecah, meski begitu kayu ini bayak diminati para penghobi aquascape.

  1. Kayu kopi

Kayu kopi sebagai hiasan untuk aquascape, disini yang kita gunakan pada kayu kopi adalah bagian batang bawah dan juga akarnya. Sebelum kayu kopi di jadikan sebagai hiasan aquascape kita harus menghilangkan  tanin atau getahnya terlebih dahulu. Untuk menghilangkan getah kayu kopi kita harus membuang kulit kayunya lalu mengeringkan kayu. Setelah kayu kering kita bisa merebus kayu kopi untuk mengeluarkan getah dari dalam kayu, setelah direbus kayu harus di rendam sekitar 3 minggu. Untuk memastikan tanin atau getah yang terkandung dalam kayu benar benar telah hilang, sehingga saat di jadikan sebagai hiasan tidak membuat air aquascape menjadi kuning.

Meskipun proses untuk menjadikan kayu kopi sebagai hiasan aquascape cukup lama, namun banyak dari para penghoni aquascape yang menggunakan kayu ini. Karna bentuk kayu yang unik serta memiliki banyak cabang akar yang berfariasi.

  1. Kayu jambu

Kayu jambu yang di gunakan untuk membuat aquascape adalah akar kayu jambu biji, kayu jambu dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Namun kayu jambu tidak dapat langsung kita gunakan sebagai hiasan aquascape karna memiliki bayak tanin seperti halnya kayu kopi. Sehingga kita juga arus mengupas kulit kayu lalu mengeringkannya dan merebus serta merendam kayu selama 3 minggu. Untuk memastikan tanin benar benar bersih agar dapat di gunakan sebagai hiasan aquascape.

  1. Kayu hornwood

Kayu hornwood adalah kayu yang digunakan oleh pencetus aquascqape pertama kali, kayu jenis ini tidak memiliki banyak cabang namun terdapat motif menonjol seperti tanduk di bagian batang kayunya. Tekstur kayu ini sangat kuat sehingga cocok dijadikan sebagai kayu hiasan aquascape, dan juga bisa dijadikan sebagai media tanam untuk moss ataupun tanaman lainnya yang tumbuh dengan menempel pada benda benda keras.

  1. Kayu branch (branchwood)

Kayu branch adalah jenis kayu yang memiliki ranting dan cabang cukup banyak yang bisa kita gunakan untuk dijadikan media tanam moss. Untuk menjadikan kayu ini sebagai hiasan aquascape kita harus merendamnya di dalam air terlebih dahulu agar kayu dapat tenggelam. Karna dalam keadaan kering kayu ini akan mengambang saat berada di dalam air jadi kita haru merendamnya terlebih dahulu agar mudah saat melakukan dekorasi pada aquarium.

  1. Kayu jati

Kayu jati ternyata dapat kita gunakan sebagai hiasan aquascape, walaupun dapat di gunakan sebagai hiasan aquascape namun kayu jati tidak terlalu di minati para penghobi auascape. Sifat kayu jadi yang susah tenggelam dalam air menjadikanya kurang di minati oleh para penghobi aquascape. Namun kita masih bisa menggunakan kayu jati sebagai hiasan dengan cara memberi pemberat ataupun di tempelkan pada batu dengan lem. Sehingga dapat di jadikan hiasan aquacape sama seperti kayu hias lainnya.

Itulah beberapa jenis kayu yang dapat kita jadikan sebagai hiasan aquascape, karna kidak semua jenis kayu dapat dijadikan hiasan untuk aquascape maka kita harus tau dan mengerti jenis kayu yang cocok untuk tema aquascape kita. Semoga bermanfaat.