Mencegah Tanaman Aquascape Melting

Para penghobi aquascape pasti berharap tanaman yang kita tanam sebagai hiasan pada aquascape agar hidup subur di dalam aquarium. Namun pada kenyataannya tidak semua tanaman akan dapat dengan mudah beradaptasi di dalam aquarium, dan hidup. Karna terkadang tanaman aquascape yang kita tanam malah banyak yang mengalami melting.

Melting adalah dimana kondisi tanaman aquascape yang kita tanam mengalami perubahan bentuk daun. Daun yang tadinya segar berubah bentuk atau daun melumer, atau menjadi coklat dan membusuk. Melting pada tanaman itu biasanya terjadi di saat awal tanam, namun bisa juga terjadi jika kondisi di dalam aquarium tidak dapat memberikan apa yang di butuhkan tanaman.

Tanaman akan mengalami melting dikarnakan oleh beberapa hal, seperti kekurangan CO2, kekurangan nutrisi, kondisi air aquarium tidak sesuai dll.  Tanaman yang mengalami melting bukan berarti tanaman itu mati, karna melting pada tanaman itu adalah sebuah cara yang dilakukan tanaman untuk bertahan hidup atau sedang melakukan adaptasi dengan lingkungan yang baru. Karna biasanya tanaman air untuk aquascape yang kita beli adalah tanaman dengan daun darat. Atau tanaman air yang di tempat pembudi dayanya hidup dengan akar di dalam air namun daun di luar. Sehingga saat tanaman di jadikan dekorasi aquascape yang dengan kondisi semua tubuhnya terendam air akan melakukan adaptasi agar bisa hidup di dalam air.

Namun jika kebutuhan tanaman di dalam aquarium terpenuhi tanaman tidak akan mengalami melting. Sebab melting merupakan sebuah pengorbanan tanaman dengan cara membusukkan daun daratnya, agar dia memiliki nutrisi yang cukup untuk menumbuhkan daun air. Itulah penyebab kenapa tanaman mengalami melting, dan itu biasanya terjadi pada awal awal aquascape baru saja selesai di buat sekitar satu sampai dua minggu pertama. Karna pada waktu itu merupakan proses dimana tanaman sedang melakukan adaptasi dengan lingkungan barunya. Pada waktu itu pula kita sebagai penghobi aquascape harus tau apa saja yang di butuhkan tanaman untuk membantu proses adaptasi di dalam aquarium.

Untuk menghindari terjadinya melting pada tanaman aquacape mungkin kita bisa melakukan beberapa hal, dengan membantu tanaman aquascape kita beradaptasi di aquarium seperti:

  1. Menambah CO2 Kedalam Aquarium

Menambahkan CO2 kedalam aquarium kita akan membatu tanaman lebih mudah untuk beradaptasi, karna dengan tercukupinya kebutuhan CO2 di dalam aquarium akan memudahkan tanaman dalam melakukan fotosintesis. Jika tanaman sudah dapat dengan mudah melakukan fotosintesis berarti tanaman tidak harus mengorbankan daunya (melting) untuk bisa hidup dengan baik. Karena untuk bertahan hidup tanaman harus melakukan fotosintesis dan salah satu yang di butuhkan tanaman untuk fotosintesis adalah CO2. Walaupun ada beberapa tanaman yang bisa hidup di lingkungan dengan kadar CO2  yang rendah tapi tetap saja tanaman membutuhkan CO2.

  1. Memberikan Pencahayaan Yang Cukup

Cahaya yang cukup merupakan faktor ke dua agar tanaman bisa melakukan fotosintesis dengan baik, karna kita menanam tanaman di dalam aquarium maka kita harus memberikan pencahayaan pada aquarium sesuai dengan kebutuhannya.

Ukuran Panjang AquariumJumlah Watt Lampu Ideal
30 CM12 – 18 Watt
45 CM18 – 24 Watt
60 CM30 – 36 Watt
90 CM100 – 160 Watt
>120 CM150 – 200 Watt

Jika tanaman kekurangan cahaya bisa menyebabkan lambatnya pertumbuhan pada tanaman, atau tanaman tidak mempunyai cahaya yang cukup untuk melakukan fotosintesis yang bisa berdampak terjadinya melting dan juga mati. Namun Aquarium yang kelebihan cahaya juga tidak baik karna akan mudah terserang alga yang menyebabkan aquarum lebih cepat kotor.

Pada aquascape awal tanam sebaiknya gunakan durasi lampu

  • Satu minggu pertama nyalakan lampu 4 jam per hari.
  • Minggu kedua nyalakan lampu selama 5-6 jam per hari.
  • Pada minggu ke tiga dan seterusnya anda bisa menyalakan lampu selama 7-8 jam per hari.
  1. Pemberian pupuk

Pada dasarnya tanaman juga membutuhkan nutrisi untuk tumbuh seperti halnya mahluk hidup lainnya, apalagi kita memelihara tanaman di dalam sebuah aquarium. Yang dimana di dalam aquarium merupakan sebuah ekosistem buatan yang kita ciptakan, jadi jika kita tidak memberikan nutrisi maka tidak akan ada nutrisi yang dapat diserap tanaman dalam aquarium. Berbeda dengan di alam dimana nutrisi dapat didapatkan dari berbagai kondisi alam yang terjadi dengan alamiah. Jika tanaman yang baru kita tanam kekurangan nutrisi kemungkinan besar akan terjadi melting, daun berubah menjadi coklat, kemudian daun meleleh dan juga bisa mati. Maka pemberian pupuk adalah salah satu cara agar tanaman bisa tumbuh subur di dalam aquarium dan mendapatkan nutrisi yang cukup.

  • Kita biasa memberikan pupuk dasar yaitu pupuk yang di berikan pada awal kita membuat aquascape bagian dasar pasir.
  • Pupuk cair ( micro dan macro) berikan rutin satu sampai dua minggu pupuk cair pada awal tanam.
  • Berikan juga pupuk tancap ( hanya di gunakan ketikan pupuk dasar sudah habis nutrisinya).
  1. Parameter Air

kualitas air juga menentukan kesehatan tanaman, walaupun kebutuhan CO2, cahaya dan nutrisi sudah terpenuhi., kalau kualitas air pada aquarium jelek tanaman akan sulit beradaptasi bahkan bisa mati. Kita bisa menggunakan air galon isi ulang untuk mendapatkan kualitas air yang baik bagi tanaman maupun ikan yang ada di dalam aquascape. Namun kita juga bisa menggunakan air pam sebagai air aquascape, tapi jika kita ingin menggunakan air pam sebaiknya diamkan dulu selama 24jam agar kadar klorinya berkurang.

Usahakan suhu air pada aquascape dibawah 28 drajat celcius, Untuk mendapatkannya kita bisa menempatkan aquascape di ruangan ber ac, atau diberi fan / kipas, atau bisa juga menggunakan chiller. Dan juga usahakan agar air aquascape memiliki PH 7 atau lebih rendah sedikit (sedikit asam). Selain itu kadar amonia di dalam aquascape tidak boleh tinggi. Sehingga sebaiknya jangan memelihara ikan yang terlalu banyak agar kotoranya tidak menumpuk, dan jangan berlebihan memberikan pakan.

  1. Filtrasi

Pada beberapa kasus terjadinya melting pada tanaman juga bisa di sebabkan karna kencangnya arus filter yang keluar ke dalam aquariam. Sehingga membuat tanaman mendapatkan pasokan oksigen yang berlebih dan malah membuat daun tanaman yang kita tanam seperti melumer dan mati. Karna itu pastikan arus filtrasi pada aquacape tidak terlalu kencang juga tidak terlalu lambat, pastikan semua bagian aquascape kita mendapat arus filtrasi dengan kadar oksigen yang cukup. Sehingga tanaman bisa lebih mudah beradaptasi dan tumbuh subur.

Jadi itulah beberapa penyebab kenapa tanaman aquascape mengalami melting, serta bagaimana cara kita membantu tanaman beradaptasi dan juga mengatasi tanaman agar tidak melting atau mati. semoga bermanfaat.