Mau Mencampurkan Kura-kura dan Ikan di Satu Kolam yang Sama?

Memang benar kalau pemandangan kolam yang dihuni oleh kura-kura dan ikan pasti akan tampak luar biasa. Bayangkan kita mampu menciptakan sebuah ekosistem air tawar yang mendekati sesungguhnya, pasti bakalan indah sekali, kan? Namun sayangnya susah sekali untuk mewujudkan keinginan tersebut. Mengapa? Penyebabnya tak lain karena ikan sebenarnya merupakan makanan alami kura-kura. Jadi sulit untuk membuat kedua binatang ini bisa akur tinggal di satu tempat.

Tetapi Anda jangan berkecil hati terlebih dahulu. Setelah kami mencoba beberapa kali, ternyata kita bisa memelihara kura-kura dan ikan di tempat yang sama, baik itu menggunakan kolam ataupun akuarium. Cuma memang ada trik-trik tertentu yang wajib kita lakukan untuk menjamin keamanan ikan serta kura-kura di sini. Jika Anda tidak mengantisipasinya dengan baik, maka bukan tak mungkin akan jatuh korban, baik dari ikan maupun kura-kura. Hal ini tentu sangat tidak diinginkan.

Maka dari itu, kali ini kami juga akan berbagi pengalaman pribadi dalam memelihara kura-kura dan ikan di dalam satu kolam yang sama supaya keduanya tetap aman.

Wajib Menggunakan Tangki Berukuran Besar

Kalau Anda mau memelihara ikan dan kura-kura secara bersama-sama, maka wajib hukumnya memakai tangki yang ukurannya besar. Istilah tangki yang kami maksud di sini tidak terbatas untuk akuarium saja, tapi bisa juga berupa kolam, bak plastik, ember, baskom raksasa, dan lain-lain. Kenapa di sini kita harus memakai tangki yang berukuran besar? Tujuannya adalah memperluas pergerakan ikan dan kura-kura, serta memperkecil peluang mereka saling bertemu satu sama lain. Selain itu, ikan pun bisa menghindar dengan maksimal ketika dia sedang dikejar oleh kura-kura.

Pilih Ikan yang Mempunyai Gerakan Lincah

Memang kenyataannya tidak semua jenis ikan bisa dipelihara secara bersama-sama dengan kura-kura. Ikan yang mempunyai postur tubuh yang gemuk dan pergerakan yang lambat jelas tidak cocok dirawat bersama kura-kura. Mengapa? Karena ikan tersebut pasti akan menjadi makanan lezat kura-kura yang hidup bersamanya. Jadi Anda hanya boleh menempatkan ikan-ikan tipe perenang cepat di sini. Biasanya ikan dalam kategori ini mempunyai postur tubuh yang ramping dan memanjang. Contohnya adalah ikan komet. Anda bisa menaruh beberapa ekor ikan sesuai kapasitas kolam.

Jangan Pernah Mencampur Ikan yang Mahal

Walaupun di dalam artikel ini kami berupaya untuk berbagi trik jitu mencampurkan ikan dan kura-kura di dalam satu kolam yang sama, tetapi kami tidak menjamin sepenuhnya kalau ikan atau kura-kura Anda bakal aman ya. Karena pada hakikatnya memang ikan merupakan makanan alami kura-kura. Jadi kura-kura Anda tidak akan pernah berhenti memburu ikan-ikan yang ada di kolam yang sama. Oleh sebab itu, kami merekomendasikan untuk menaruh ikan yang mahal di kolam yang sama. Sehingga ketika ikan tadi tetap dimakan oleh kura-kura, maka Anda tidak akan terlalu menyesalinya.

Pastikan Ikan Tak Membahayakan Kura-kura

Sebenarnya masalah yang bakal Anda hadapi ketika mencoba menyatukan ikan dan kura-kura di dalam kolam yang sama bukan hanya bahaya kura-kura yang berpotensi akan memakan ikan saja, tetapi juga beberapa jenis ikan pun dapat membahayakan nyawa kura-kura Anda. Bukan tak mungkin ikan ini akan menyerang balik kura-kura atau bahkan memburu kura-kura tersebut. Contohnya adalah ikan predator seperti ikan aligator dan ikan piranha yang jelas tidak boleh dipelihara bersama kura-kura. Anda juga perlu menghindari ikan jenis catfish yang umumnya mempunyai patil sebagai senjata.

Jenis Kura-kura yang Kami Rekomendasikan

Lantas, apa kura-kura yang cocok dipelihara bersama dengan ikan karena mempunyai potensi yang kecil akan memburu dan menangkap ikan tersebut? Sebenarnya labi-labi moncong babi benar-benar cocok dipelihara di dalam akuarium bersama ikan. Labi-labi ini juga biasanya bersifat lebih pasif terhadap ikan. Cuma berhubung labi-labi monbi saat ini berada di status dilindungi, maka kita tidak boleh memilikinya. Sebagai alternatifnya, kami merekomendasikan spesies kura-kura yang cukup pemalu dan mempunyai pergerakan yang lambat. Misalnya yaitu kura-kura MSE dan kura-kura pipi putih.

Letakkan Tempat Persembunyian di Tangki

Wajib hukumnya untuk menaruh tempat persembunyian yang memadai di dalam tangki pemeliharaan. Fungsinya jelas sebagai tempat untuk bersembunyi, baik bagi ikan maupun kura-kura saat berada dalam kondisi yang berbahaya. Tetapi Anda harus membangun tempat persembunyian yang aman. Pastikanlah tempat tersebut tidak mudah roboh meskipun terkena dorongan atau tekanan yang besar. Anda dapat membuatnya dari susunan batu, batu bata, beton, plastik, tumbuh-tumbuhan, barang bekas, dan lain-lain. Letakkan tempat persembunyian ini dengan tepat agar dapat memperindah tampilan tangki.

Berikan Pakan sampai Benar-benar Kenyang

Anda harus mencegah kura-kura memburu ikan. Salah satu caranya tentu saja dengan memberi pakan yang cukup banyak ke kura-kura tersebut sampai dia benar-benar merasa kenyang. Anda bisa memberi pakan berupa pelet kalau mau lebih praktis. Biasanya kura-kura akan melahap pelet tersebut, lantas sisa peletnya tentu akan dimakan oleh ikan yang hidup bersamanya. Sebagai alternatifnya Anda bisa berikan daging ikan, daging ayam, udang, jangkrik, cacing beku, ulat hongkong, dan sebagainya. Berikan sampai semua kura-kura di kolam tersebut merasa benar-benar kenyang.

Terus Memantau Kondisi Ekosistem di Tangki

Anda harus terus memantau kondisi ekosistem di dalam tangki. Pastikan populasi antara ikan dan kura-kura yang tinggal di dalamnya senantiasa tetap seimbang. Karena ledakan populasi yang terjadi sering kali menimbulkan masalah baru. Anda juga harus benar-benar memperhatikan kondisi ikan, bukan cuma kura-kuranya saja. Jagalah kondisi air di dalam tangki tersebut, terutama mengenai kebersihannya. Anda harus memastikan bahwa kura-kura dan ikan di sana dapat merasa aman dan nyaman.